Ciri Bumbu Dapur Kunci

Bumbu dapur temu kunci banyak sekali ditemukan di di berbagai wilayah negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.Temu kunci pun ini banyak ditemukan di pasar tradisional sebagai bahan masakan, dan juga diolah menjadi obat atau jamu.
 
Rimpang temu kunci ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dari jenis temu lainnya seperti temu lawak, temu ireng dan kunyit putih karena akar tunggang tumbuh vertikal yang menjulur ke bawah, dan dagingnya memiliki tekstur yang keras, dengan warna yang agak kekuningan serta baunya wangi dan rasanya sedikit pahit.

Ciri Bumbu Dapur Kunci

Kandungan Bumbu Dapur Temu Kunci

Bahan temu kunci ini mengandung minyak atsiri, damar, amilum (pati), serat kasar, protein, mineral (K, Fe, P), kurkumin, alkaloida, dan zat pahit saponin. Menjadikan rimpang temu kunci ini memiliki banyak khasiat selain dijadikan bumbu masakan. Sperti berfungsi untuk menambah nafsu makan, menurunkan demam juga panas dalam, mengatasi perut kembung dan masuk angin, mengatasi masalah keputihan, dan lain sebagainya.

Khasiat Temu Kunci untuk Pria

Beberapa penelitian menyatakan jika temu kunci memiliki fungsi yang baik sebagai afrodisiak, yaitu jenis makanan atau minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual. Bahan temu kunci ini juga sangat baik dikonsumsi oleh pasangan suami istri untuk meningkatkan kesuburan.

Kandungan Bumbu Dapur Temu Kunci
baca juga

Temu Kunci untuk Kesuburan Pria

Selain kandungan yang telah disebutkan, temu kunci juga kaya akan senyawa boesenbergin, krachaizin, panduratin, dan pinostrobin yang bermanfaat sebagai peningkat libodi. Untuk inilah untuk pria yang mengonsumsinya dipercaya memiliki kualitas dan kuantitas sperma yang lebih baik. Serta kandungan antioksidan dalam temu kunci juga baik untuk mencegah kerusakan pada testis.
 
Seperti yang telah disebutkan, temu kunci ini bisa digunakan oleh pria maupun perempuan. Cara mengonsumsinya juga cukup mudah moms, karena dapat langsung ditambahkan ke dalam masakan atau diolah sebagai jamu.