Bayam Duri

Bayam duri dengan nama ilmiah Amaranthus spinousus ini banyak tumbuh secara liar di pekarangan rumah, ladang atau di jalan, karena ia bisa tumbuh dengan suhu udara 25-35 derajat Celcius. Ciri bayam duri ini adalah batangnya lunak atau basah, tingginya kurang lebih satu meter dan pada bagian pangkal tangkainya terdapat banyak duri.

Kandungan Bayam Duri

Seperti tanaman obat tradisional lainnya, bayam duri juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat seperti vitamin B6, K, C,A, zat besi, periodeksin, kalsium oksalat, amarantin, kalium nitrat, antitoksik, ekspektoran, diuretik, dan antipiretik. Karena banyaknya kandungan inilah, bayam duri memiliki manfaat seperti berikut

Bayam Duri

Manfaat Bayam Duri untuk Kesehatan

  • Memperlancar Buang Air : normalnya manusia buang air kecil setiap 3 jam sekali atau minimal 2-3 kali sehari. Jika tidak buang air kecil sama sekali justru berbahaya dan dapat menyebabkan kencing batu. Mengonsumsi bayam duri dapat membuat buang air menjadi lebih lancar
  • Solusi Keputihan : keputihan memang normal terjadi pada setiap wanita. Namun, jika terlalu sering dan bergejala tidak normal seperti terlalu kuning hingga kecoklatan. Ini berarti ada yang bermasalah pada organ intim. Rebusan bayam duri dapat dijadikan obat yang diminum atau sebagai pembilas organ intim tersebut.
  • Mengobati Eksim : gejala seperti gatal, kulit pecah-pecah, kemerahan serta perih dari gejala eksim bisa diatasi dengan bayam duri dengan cara dioleskan bayam yang telah ditumbuk. Ini adalah salah satu mengobati eksim yang tak ada efek sampingnya moms
  • Menurunkan Demam : kandungan antipiretik pada bayam duri juga dapat mengatasi demam, dan gejala lainnya seperti pusing hingga lemas.

Manfaat Bayam Duri untuk Ibu Menyusui

Diantara manfaat yang telah disebutkan diatas, bayam duri juga memiliki fungsi penting untuk melancarkan ASI. Setiap wanita yang sedang berada dalam proses menyusui pasti menginginkan ASI yang lancar, walau terkadang tidak sesuai seperti yang diharapkan. Nah, moms bayam duri juga dipercaya dapat mengatasi hal tersebut. Caranya penggunaannya pun cukup mudah moms.
Manfaat Bayam Duri untuk Kesehatan
baca juga

Cara Menggunakan Bayam Duri untuk Melancarakan ASI

Cara 1
Pilih bayam duri muda dan diolah menjadi sayur seperti biasa,

Cara 2

  • Haluskan satu batang utuh bayam duri kemudian dibalurkan ke payudara sehari 2 kali secara teratur
  • Selain batang, moms juga bisa memanfaatkan bagian bayam duri seperti daun, bunga hingga akar dan diolah dengan cara yang sama.
  • Hal ini bisa dilakukan menjelang melahirkan dan setelah melahirkan.
  • sedangkan mengonsumsi bayam duri dapat dilakukan selama masa moms menyusui.