Kandungan Jahe Merah

Kandungan Jahe Merah

Terdapat tiga senyawa yang baik untuk tubuh, yaitu shogaol, gingerol, dan zingeron. Ketiga senyawa ini sangat membantu dalam penyembuhan suatu penyakit baik ringan maupun penyakit yang membahayakan lho. Selain itu, terdapat minyak astiri hingga 4% di mana minyak ini dijadikan bahan dasar obat-obatan oleh para ahli. Minyak atsiri yang terdapat dalam kandungan jahe merah ditentukan dari umur jahe tersebut, semakin tua jahe merah, semakin banyak pula kandungan minyak atsiri di dalamnya.

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kandungan zat gizi, fitonutrien dan minyak atsiri yang ada pada jahe merah lebih unggul ketimbang dua jenis jahe lainnya. Inilah manfaat jahe merah untuk kesehatan:

1. Memiliki efek laksatif sehingga dapat memperlancar proses pencernaan.

2. Mengurangi gejala demam dan flu.

3. Memiliki sifat antiemetik yang kuat, yaitu efektif mengurangi rasa mual, muntah dan mengatasi mabuk perjalanan.

4. Mengurangi gejala rematik dan sakit pinggang.

5. Mengurangi radang pada tenggorokan dan bisa menjadi pelega tenggorokan.

6. Mulai diteliti manfaat jahe merah untuk mendukung optimalisasi fungsi paru-paru.

7. Mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

8. Mencegah penyakit degeneratif pada saraf dan otak.

9. Mengatasi pusing yang disertai mual.

baca juga

Manfaat Jahe Merah untuk Ibu Hamil

Manfaat Jahe Merah untuk Ibu Hamil

Ada baiknya jika Ibu hamil lebih sering mengonsumsi jahe merah dalam berbagai varian, seperti wedang jahe, wedang ronde, permen jahe, menambahkan parutan jahe dalam minuman teh atau jus, atau masakan yang banyak menggunakan jahe misalnya soto. Loh, kenapa? Jahe telah terbukti memiliki banyak manfaat yang super hebat untuk ibu hamil Moms. Beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Mencegah timbulnya heart burn, Heart burn adalah rasa panas pada ulu hati hingga dada yang sangat mengganggu ibu hamil karena menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh.
2. Meningkatkan nafsu makan
3. Mengatasi morning sickness atau mual di pagi hari
4. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat Jahe Merah untuk Ibu Menyusui

Manfaat Jahe Merah untuk Ibu Menyusui

Jahe dianggap sebagai galactagogue yang menstimulasi ibu dalam memproduksi ASI lho Moms. Dengan kata lain, jika menginginkan ASI yang berlimpah setelah melahirkan, Moms juga bisa mengonsumsi jahe selain mengonsumsi daun katuk.

Tapi Moms, meski jahe dipercaya bisa meningkatkan produktivitas ASI, perlu diingat juga bahwa jahe memiliki rasa dan aroma yang kuat layaknya bawang putih dan makanan lainnya. Hal ini tentu saja akan memengaruhi rasa ASI yang dikonsumsi oleh bayi. Nah, apabila bayi menolak disusui karena adanya perubahan rasa ASI, lebih baik kurangi dulu atau bahkan hentikan dulu konsumsi jahe ya, Moms.