Kalau moms punya jenis kulit berminyak yang kerap kali bikin kesel karena jerawat, coba deh atasi problem ini dengan salah satu bumbu dapur asam jawa. Manfaat asam jawa untuk wajah sangat banyak loh moms, mulai dari menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan kulit wajah, hingga mencegah penuaan. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut moms bisa menjadikan asam jawa sebagai salah satu bahan masker. Begini cara membuat masker jawa untuk merawat kecantikan kulit.

Masker Asam Jawa untuk Atasi Jerawat

Samarkan Bekas Jerawat dengan Ramuan Masker Asam Jawa, Bikin Yuk Moms!
source: https://skinmiles.com

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dengan asam jawa bisa moms mulai dengan meramu bahan-bahan berikut, pertama siapkan 50 gram asam jawa dan kunyit. Kemudian haluskan asam jawa menggunakan sendok atau bisa juga dengan tangan. Haluskan juga kunyit yang sudah dicuci bersih dan dikupas. Jika kedua bahan sudah halus campur dalam wadah, aduk hingga rata.

Aplikasikan masker ini pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawatnya. Diamkan selama 20 hingga 25 menit hingga kering. Selanjutnya moms bisa membilas dengan air hangat atau air biasa. Untuk hasil maksimal, gunakan masker ini setidaknya dua kali seminggu. Jika moms menggunakan secara teratur minimal 3 bulan, dijamin kulit bisa bebas jerawat.

Masker Asam Jawa untuk Mencerahkan Kulit

Samarkan Bekas Jerawat dengan Ramuan Masker Asam Jawa, Bikin Yuk Moms!
source: http://www.rakhshanda-chamberofbeauty.com

Jerawat biasanya suka membuat kulit jadi tampak kusam dan kucel. Oleh karena itu moms juga bisa memanfaatkan asam jawa sebagai masker untuk mencerahkan wajah loh! Bahan yang harus disiapkan adalah 2 buah asam, 1 sdm kunyit bubuk, dan air hangat secukupnya. Selanjutnya hancurkan asam jawa menggunakan sendok atau tangan kemudian campur dengan kunyit bubuk dan air hangat secukupnya.

Jika semua bahan sudah tercampur dan membentuk pasta, oleskan secara merata ke wajah sebagai masker. Oleskan memakai jari tangan sedikit demi sedikit sambil dipijat lembut untuk hasil yang maksimal. Diamkan masker hingga kering kira-kira selama 20 menit. Bilas wajah menggunakan air dingin sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur 2 atau 3 kali dalam satu minggu.

baca juga

Manfaat Asam Jawa untuk Wajah Berjerawat

Samarkan Bekas Jerawat dengan Ramuan Masker Asam Jawa, Bikin Yuk Moms!
source: https://www.verywellhealth.com

Asam jawa mengandung asam alfa hidroksi (AHA), yang dikenal memiliki kemampuan pengelupasannya sehingga dapat membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi bintik-bintik dan noda pada wajah, serta menjaga kulit tetap bersih. Asam jawa juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Ia juga memiliki efek anti penuaan dan penyembuhan pada kulit.

Nah, karena bahan-bahan maskernya juga nggak sulit dicari, mulai besok moms sudah bisa praktek sendiri di rumah ya!