Kalau moms masuk dalam kategori yang baru belajar memasak masakan nusantara, dan bingung bumbu dapur kering yang wajib ada di rumah tuh apa saja sih? Intip yuk moms contekannya!

Bubuk Kayu Manis

5 Bumbu Dapur Kering Wajib Ada di Rumah, Mana yang Belum Punya, Moms?
source: http://www.mybonesandbiscuits.com

Bubuk kayu manis adalah bumbu dapur kering serba bisa. Bisa untuk masakan berat, ataupun sebagai bahan dessert. Di daerah timur tengah, kayu manis adalah salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan untuk makanan. Karena selain bisa membuat masakan menjadi lebih gurih dan wangi, kayu manis juga baik untuk kesehatan.

Seperti untuk mengatasi gangguan pencernaan, diabetes, flu, dan infeksi lainnya. Dalam pengobatan Cina, kayu manis juga digunakan untuk mengobati kram akibat menstruasi, diare, pilek, mual, hingga perut kembung. Nggak cuma untuk penyedap makanan, kayu manis juga cocok sebagai bahan campuran kopi, teh, lemon grass, hingga bahan utama biskuit speculas yang terkenal dari Belanda.

Bubuk Bawang Putih

5 Bumbu Dapur Kering Wajib Ada di Rumah, Mana yang Belum Punya, Moms?
source: https://www.organicfacts.net

Kalau moms tipikal orang yang males ribet ngupas-ngupas bumbu dapur, maka bubuk bawang putih adalah bahan alternatif pengganti bawang putih yang asli. Bubuk ini berasal dari bawang putih asli yang dikeringkan kemudian ditumbuk hingga halus. Bumbu kering ini cocok banget kalau moms gemar memasak western food seperti garlic bread atau sup.

baca juga

Bubuk Cabai 

5 Bumbu Dapur Kering Wajib Ada di Rumah, Mana yang Belum Punya, Moms?
source: https://www.pepperscale.com

Ini nih cocok banget untuk moms yang gemar makan masakan pedas. Si cabai kering bisa digunakan untuk pengganti cabai segar atau membuat masakan yang kurang pedas jadi lebih pedas.  Bubuk cabai ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan jika disimpan di wadah kedap udara. Ia juga sangat fleksibel digunakan untuk berbagai jenis masakan nusantara, western food, hingga korean food.

Bubuk Lada

5 Bumbu Dapur Kering Wajib Ada di Rumah, Mana yang Belum Punya, Moms?
source: http://www.agrinewsindia.com

Lada adalah salah satu jenis rempah yang paling populer di dunia. Lada memiliki tiga macam varian, yaitu lada putih, lada hijau, hingga lada hitam. Lada hitam memiliki rasa paling kuat sehingga paling banyak digunakan. Lada putih memiliki rasa yang kurang tajam, biasanya digunakan untuk makanan berbasis sup atau chinese food. Sementara lada hijau punya rasa yang lebih lembut, dan biasanya digunakan pasca diawetkan dalam air garam.

baca juga

Jinten

5 Bumbu Dapur Kering Wajib Ada di Rumah, Mana yang Belum Punya, Moms?
source: https://www.spicekitchenuk.com

Jinten punya rasa dan bau yang cukup unik, ada rasa pedas dengan sensasi menghangatkan. Sebagian masakan Asia Timur menggunakan jinten untuk bahan makanan yang memiliki aroma sangat kuat seperti memasak domba atau kambing. Ada jinten versi biji ada pula jinten versi bubuk. Jika moms memasak dengan biji jinten, luangkan waktu sejenak untuk menyangrai dulu di atas wajan agar aromanya lebih kuat. Jika menggunakan jinten bubuk, moms bisa langsung mencampur selama proses memasak.