Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah


Sekilas, kedua gula ini memang memiliki kemiripan. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Gula merah atau biasa disebut gula jawa ini biasanya berbentuk silinder dan terbuat dari cairan yang keluar dari batang pohon palem.

Sedangkan gula aren, terbuat dari nira pohon aren dengan warna gula yang lebih cokelat dan memiliki aroma yang lebih harum. Selain itu, gula aren memiliki rasa yang lebih manis sehingga sering digunakan untuk pemanis tambahan dalam suatu hidangan.

Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah
source: https://doktersehat.com/


 

Harga Gula Aren


Keberadaan gula aren ini sudah tidak dipertanyakan lagi karena sudah dijual diberbagai tempat dengan harga yang beraneka ragam. Moms bisa membelinya dengan kisaran harga mulai dari Rp 15.000,- hingga Rp 40.000,- tergantung berat gula dan variasi lainnya. 

Harga Gula Aren
source: https://www.mallardsgroups.com/


 

baca juga

Gula Aren Semut


Gula Aren Semut merupakan sebutan untuk gula aren yang berbentuk bubuk. Orang seringkali menyebut gula aren semut sebagai gula kristal, karena berbentuk mirik semut berwarna merah yang sering bersarang di tanah. Bahan dasarnya tentu saja dari pohon aren yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi berbentuk bubuk dan sangat diminati untuk dikonsumsi berbagai kalangan.

Gula Aren Semut
source: https://www.viva.co.id/


 

Gula Aren Cair


Selain gula aren semut yang berbentu bubuk, terdapat juga gula aren yang berbentuk cair. Gula aren ini dikemas dalam kemasan botol kaca berbentuk semacam sirup. Tak berbeda dengan manfaat gula aren pada umumnya, gula aren cair juga berguna untuk memaniskan makanan maupun minuman dengan bentuk yang cenderung lebih praktis dan mudah untuk dibawa bepergian.

Gula Aren Cair
source: https://resepkoki.id/


 

baca juga

Pembuatan Gula Aren


Cara membuat gula aren yang pertama adalah proses penyaringan nira. Setelah disaring, nira didihkan dalam wajan dengan api sedang sambil diaduk-aduk. Nira terus dipanaskan dan terus diaduk hingga volumenya tinggal 8% dari volume semula. Jika nira sudah berubah menjadi mengental, angkat kuali ke tempat dingin dan diamkan selama kurang lebih 5 menit untuk kemudian dicetak. 

Pembuatan Gula Aren
source: https://kotamobaguonline.com/