Diet atau pengaturan pola makan memiliki beragam cara atau program yang berbeda dengan hasil yang berbeda pula pada setiap orang. Meskipun pergantian berbagai program diet kebanyakan dipengaruhi oleh tren, namun mencoba berbagai macam program diet tentu tidak ada salahnya, asal dilakukan dengan benar dan sesuai petunjuk diet. Mencoba berbagai macam diet selain untuk merasakan bagaimana program itu bekerja dalam tubuh, juga bermanfaat untuk mengetahui program diet mana yang paling cocok diterapkan dalam tubuh moms.

Nah jika moms menginginkan program diet yang mudah dan dapat memberikan hasil yang cepat, mungkin bisa mencoba diet buah 3 hari. Sesuai namanya, pelaku program diet ini hanya diperbolehkan mengonsumsi berbagai macam buah selama 3 hari. Diet yang juga disebut sebagai diet militer ini bekerja dengan cara mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh dengan cara mengurangi asupan kalori dan menyingkirkan masa lemak. Selain itu diet ini juga dapat mendetoks atau membuang racun-racun dalam tubuh dengan melancarkan sistem pencernaan.

Diet 3 Hari dengan Buah Apel? Cari Tahu Efek Samping dan Aturannya Yuk, Moms

Diet Buah Apel

Salah satu buah yang populer digunakan dalam program diet ini adalah apel. Apel memiliki kandungan kalori yang sangat minim, selain itu kandungan asam kalium dalam apel adalah kombinasi yang tepat untuk meningkatkan metabolisme dan mengatur pencernaan. Di dalam apel terdapat pula 2 komponen yang tidak terurai dalam pencernaan, yaitu serat dan polyphenols. Karena kedua komponen ini melalui beragam tahapan pencernaan tanpa terurai maka mereka akan mengalami proses fermentasi yang terjadi di dalam usus besar.

Di usus besar inilah serat dan polyphenols akan menjadi makanan bagi bakteri baik sehingga dapat mengurangi populasi bakteri jahat. Keseimbangan bakteri baik dalam tubuh, pada akhirnya akan mengurangi risiko obesitas dan memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah untuk makan secara berlebihan. 

Diet Buah Apel
baca juga

Cara Diet Buah Apel

Jika moms tertarik untuk melakukan program diet ini, maka cara yang harus dilakukan yaitu dengan menambahkan apel pada menu harian yang moms konsumsi. Di hari pertama diet, moms hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi buah apel sebagai makanan. Yaitu, 2 buah apel untuk sarapan, 1 buah apel untuk makan siang, dan 3 buah apel untuk makan malam.

Di hari ke dua, moms bisa mengkombinasikan apel dengan beberapa sayur serta minuman sehat seperti susu. Menu yang dapat dicoba yaitu, satu buah apel dan segelas susu untuk sarapan, 1 buah apel dan salad hijau dengan wortel dan buah bit, tambahkan juga dressing salad yang sehat seperti daun mint, minyak zaitun, serta sedikit garam dan merica.

Dan di hari ketiga moms bisa mengonsumsi makanan berprotein seperti daging fillet, telur, atau kacang-kacangan sebagai snack. Jangan lupa untuk mengontrol porsi makanan perhari, dan moms bisa mulai mendapatkan asupan karbohidrat baik setelah hari ke tujuh.

Cara Diet Buah Apel

Efek samping Diet Buah Apel

Meskipun terlihat mudah dan memiliki efek yang cepat, diet apel juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diwaspadai. Diet ini tidak cocok diterapkan bagi penderita diabetes. Apel memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga mengonsumsi apel secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah. kandungan gula yang tinggi dalam apel juga dapat merusak kesehatan gigi jika konsumsinya tidak memperhatikan cara yang benar.

Dan bagi pelaku diet apel yang sudah beberapa minggu melakukan diet ini, mungkin sudah terlanjur terbiasa mengonsumsi apel bahkan bisa sampai berlebihan. Hal yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh, karena meskipun sehat, konsumsi apel yang berlebih justru dapat menaikkan berat badan dan membuat program diet tidak berhasil.

Efek samping Diet Buah Apel
baca juga

Efek Positif Diet Buah Apel dalam 3 Hari

Jika moms sudah memahami cara melakukan program diet apel dengan benar, maka efek positif untuk tubuh akan dapat dirasakan. Hanya mengonsumsi apel dalam beberapa hari tanpa menambahkan makanan tidak sehat lainnya dapat membersihkan organ internal dengan baik (detoks). Apel juga kaya akan kandungan pythochemicals, senyawa bioaktif yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Konsumsi apel matang bersama kulitnya juga dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, asma, diabetes, dan tentunya membantu moms mengurangi berat badan, sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan ideal. Jika moms berhasil dengan diet ini, maka berat badan badan yang turun bisa mencapai 6 kg dalam sehari! Tapi itu semua bergantung dengan kondisi tubuh dan sistem metabolisme masing-masing ya, moms.

Efek Positif Diet Buah Apel dalam 3 Hari