Ayam kapas merupakan jenis ayam yang unik yang berasal dari China. Ayam kapas disebut unik karena memiliki tampilan yang berbeda pada jenis ayam pada umumnya, keunikannya terletak pada bulu ayam kapas yang lebat. Selain itu, ayam kapas memiliki lima jari, berbeda dengan jenis ayam lainnya yang hanya memiliki 4 jari.

Jenis-Jenis Ayam Kapas

Jenis-jenis ayam kapas dibagi menjadi 2 yakni ayam kapas jantan dan ayam kapas betina. Kamu pun bisa membedakan kedua jenis ayam kapas ini dengan mudah. Dari segi ukuran, ayam kapas betina memiliki tubuh yang lebih kecil dibanding ayam kapas jantan. Selain itu, ayam kapas betina tidak memiliki jengger, lain halnya dengan ayam kapas jantan yang memiliki jengger di kepalanya.

Jenis-Jenis Ayam Kapas
baca juga

Harga Ayam Kapas

Harga ayam kapas yang dijual di pasaran pun beragam, tergantung dengan usia ayam kapas. Harga untuk ayam kapas yang berumur 1 bulan di banderol dengan harga sekitar Rp100 ribu – Rp200.000. Harga ayam kapas yang paling mahal berkisar antara Rp350 ribu – Rp700.000.
 

Harga Ayam Kapas

Budidaya Ayam Kapas

Meski ayam kapas hanya ayam hias, kamu bisa membudidayakan ayam kapas, lho. Bahkan saat ini membudidayakan ayam kapas sudah banyak peminatnya. Sementara itu, dalam setahun, ayam kapas betina mampu memproduksi telur hingga 200 butir. Sehingga banyak yang tertarik dengan jenis ayam ini.

Budidaya Ayam Kapas
baca juga

Tips Budidaya Ayam Kapas untuk Pemula

Kamu yang ingin membudidayakan ayam kapas tidak perlu repot atau khawatir, meski berasal dari China, ayam kapas sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Bagi kamu pemula yang ingin budidaya ayam kapas, kamu bisa ikuti tips di bawah ini:

  1. Sinar matahari sangat bagus untuk perkembangan ayam kapas. Untuk itu, kamu bisa tempatkan kandang ayam kapas yang terkena sinar matahari pagi, atau kandang bisa dihadapkan ke arah timur.
  2. Kebersihan kandang juga menjadi penting bagi tempat tinggal ayam kapas agar ayam tidak terkena penyakit. Kandang bisa kamu bersihkan setiap hari atau 2 hari sekali.
  3. Makanan yang diberikan ayam kapas bisa kamu sesuaikan dengan umurnya. Ayam kapas berumur 2 bulan biasa diberikan pakan butiran (voer). Untuk usia di atas 2 bulan, kamu bisa berikan pakan butiran dengan dicampur dedak, jagung, beras, nasi, kedelai, atau gabah. Pastikan makanannya menggandung gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin.
Tips Budidaya Ayam Kapas untuk Pemula