Kandungan Nutrisi Jeruk Purut
Bagi sebagian masyarakat Indonesia, tentunya sudah familiar dengan jeruk purut ini. Buah yang memiliki nama latin citrus hystrix ini memiliki penampilan yang agak berbeda dengan jenis buah jeruk lainnya. Jeruk purut memiliki tekstur kullit yang kasar dan terlihat bergelombang. Buahnya pun lebih kecil dibandingkan jenis jeruk lainnya. Namun, dibalik itu semua tersimpan kandungan nutrisi yang melimpah.

Jeruk Purut, Si Kecil yang Bisa Mencerahkan Wajah Secara Alami, Wajib Coba nih, Moms!
source: https://caramengobatipenyakitkonjungtivitisblog.wordpress.com/tag/kandungan-jeruk-purut/

Di dalam 67 gram jeruk purut, terdapat kandungan:
* Serat = 2 gram
* Gula = 1 gram
* Karbohidrat = 7 gram
* Vitamin A = 50 IU
* Vitamin C = 19,2 mg
* Kalori = 20 kkal
* Zat Besi = 0,36 mg
* Sodium = 1 mg
* Kalsium = 20 mg

Wah kaya manfaat sekali ya, Moms. Mungkin inilah salah satu kelebihan yang dimiliki buah ini. Di balik rasanya yang asam dan juga segar, banyak manfaat yang ditawarkan oleh buah jeruk purut, baik itu untuk kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Berikut ini manfaat buah jeruk purut :

Manfaat Jeruk Purut

Meningkatkan daya tahan tubuh
Jeruk purut berperan sebagai antioksidan alami yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Dengan daya tahan tubuh yang sehat, maka resiko Moms terserang infeksi maupun penyakit  lainnya seperti influenza dan batuk akan menurun. 

Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
Ketika peredaran darah dalam tubuh kita lancar dan sehat, maka kondisi tersebut akan dapat menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jeruk purut memiliki kandungan senyawa volatile yang akan membantu  proses detoksifikasi darah yaitu dengan membersihkan patogen jahat pembawa penyakit dalam darah. Selain itu, kandungan senyawa tersebut juga bermanfaat pada proses penyaringan zat-zat berbahaya yang terdapat pada organ hati dan limpa.

Jeruk Purut, Si Kecil yang Bisa Mencerahkan Wajah Secara Alami, Wajib Coba nih, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/bali.tribunnews.com/amp/2018/05/24/puasa-bisa-jadi-sarana-detoksifikasi-tubuh-lakukan-ini-ketika-sahur

Membantu memelihara kesehatan mulut
Penggunaan lain dari buah jeruk purut adalah untuk membantu menjaga kesehatan daerah mulut. Moms bisa memanfaatkan kulit dari buah tersebut dengan cara menggosokkan langsung ke bagian gusi. Langkah tersebut akan dapat membantu menghilangkan bakteri jahat yang bersarang di mulut Moms.

Membantu menjaga kesehatan pencernaan
Buah jeruk purut memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi yang sama dengan serai atau beberapa jenis bumbu dapur lainnya di mana senyawa tersebut juga berfungsi untuk merangsang sistem pencernaan. Jadi ketika Moms mengalami masalah dengan sistem pencernakan seperti sembelit, jeruk purut bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi gangguan tersebut.

baca juga

Jeruk purut untuk perawatan kecantikan wajah
Di dalam jeruk purut juga terdapat kandungan anti-oksidan alami yang selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit Moms. Ya, anti-oksidan yang ditemukan di dalam buah jeruk purut mampu mencegah terjadinya kerusakan sel serta dapat meminimalkan timbulnya jerawat, bekas luka, bahkan tanda-tanda penuaan dini & juga dapat membuat wajah glowing dan bercahaya. Selain itu, beberapa jenis kandungan zat asam dalam jeruk purut juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker maupun mutasi sel. Mungkin itulah alasan mengapa beberapa produk kosmetik dan kecantikan lainnya menggunakan ekstrak jeruk purut di dalamnya. 

Jeruk Purut, Si Kecil yang Bisa Mencerahkan Wajah Secara Alami, Wajib Coba nih, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/doktersehat.com/tips-detoksifikasi-kulit-yang-buat-kulit-semakin-glowing/amp/

Lalu bagaimana cara mengaplikasikan jeruk purut ini di wajah Moms? Kita simak yuk!

Cara Mencerahkan Wajah dengan Jeruk Purut
Mencerahkan wajah dengan jeruk purut? Memangnya bisa?
Faktanya, memang jeruk purut bisa mencerahkan kulit, lho Moms.

Jeruk Purut, Si Kecil yang Bisa Mencerahkan Wajah Secara Alami, Wajib Coba nih, Moms!
source: http://budiboga.blogspot.com/2015/12/mengenal-jeruk-sebagai-bumbu-masak.html?m=1

Moms hanya perlu menempelkan irisan buah jeruk purut yang telah dicuci bersih pada kulit wajah yang hendak dibersihkan. Biarkan hingga meresap ke dalam pori-pori wajah Moms. Selain dapat menghilangkan noda bekas jerawat, nutrisi yang terdapat dalam buah jeruk purut tersebut dapat membantu mengurangi kadar minyak yang berlebih pada kulit wajah yang dapat memicu kesan kulit wajah yang kusam serta dapat mengurangi resiko penuaan dini sekaligus mencerakan wajah Moms.

baca juga

Eksfoliasi wajah dengan jeruk purut
Moms sudah pernah mendengar eksfoliasi wajah? Eksofoliasi wajah atau pengelupasan sel kulit mati adalah salah satu perawatan wajah yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran seperti debu, sisa makeup, dan sel – sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam.

Nah untuk eksfoliasi wajah ini, Moms bisa menggunakan sari jeruk purut ini, lho. Karena kandungan jeruk purut yang kaya akan vitamin C dan zat exfloitating yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit Moms. 

Jeruk Purut, Si Kecil yang Bisa Mencerahkan Wajah Secara Alami, Wajib Coba nih, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/journal.sociolla.com/beauty/eksfoliasi-wajah-tanpa-merusak-kulit/amp/

Caranya cukup mudah, Moms hanya perlu mengambil 2 buah jeruk purut, potong, lalu peras dan ambil sarinya. Lalu kemudian oleskan dengan kapas secara merata di wajah Moms. Setelah itu, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Sari jeruk purut yang Moms oleskan tadi akan meresap ke dalam pori-pori wajah Moms. Sari jeruk purut ini dapat mengelupas sel-sel kulit mati secara merata. Jadi, apabila terlihat ada warna kulit yang tidak merata, kandungan jeruk purut akan membantu mengelupas secara ringan dan perlahan, namun merata. Sehingga kulit wajah Moms tampak lebih cerah. Selain itu, pengelupasan secara ringan dan merata ini dapat menghaluskan kulit wajah Moms juga, lho.

Bagaimana Moms? Tertarik untuk menggunakan jeruk purut pada wajah Moms?