Berbeda dengan bayam hijau, bayam merah memiliki rasa yang lebih manis. Selain perbedaan rasa, tentu warna juga menjadi perbedaan dari kedua jenis sayuran ini.

Kandungan Bayam Merah

Bayam merah pun kaya akan kandungan zat besi, mangan, fosfor, lemak, protein, betakaroten, karbohidrat, kalium, amarantin, asam folat, glutation, serta vitamin A, C, dan E. Kandungan gizi yang ada di dalam bayam tersebut yang bermanfaat untuk tubuh seperti melencarkan sistem penceranaan, meningkatkan fungsi kerja ginjal, menangani masalah kolesterol, darah tinggi, hingga kanker usu besar.

Kandungan Bayam Merah
baca juga

Bayam Merah Luntur Saat Dimasak

Warna merah gelap menjadi ciri khas bayam ini. Namun, warna merah pada bayam bisa luntur ketika dimasak, moms. Umumnya memang ketika dimasak, warna merah pada bayam akan luntur, tetapi tidak menghilangkan warna merah 100% pada bayam. Bayam merah hanya akan berubah menjadi merah pucat.

Moms, harus mewaspadai jika memasak bayam merah, warna merahnya hilang 100% bahkan berubah warna menjadi hijau, lantas air rebusan bayam menjadi warna merah, bisa jadi bayam merah tersebut palsu atau menggunakan pewarna berbahaya. Moms harus bisa membedakan warna merah alami dengan warna merah dari pewarna yang terlihat jauh lebih mencolok/tidak pucat.

Bayam Merah Luntur Saat Dimasak

Penyebab Bayam Merah Luntur

Lunturnya warna pada bayam merah adalah wajar terjadi. Penyebab bayam merah luntur karena zat pengikat warna bayam merah yakni antosianin memiliki sifat yang sangat lemah. Sehingga sangat memudahkan lunturnya bayam saat dicuci maupun dimasak. Zat antosianin merupakan zat alami yang memberikan pigmen pada tumbuhan. Zat antosianin akan mudah larut pada air yang bersifat netral, sehingga bila dicuci, bayam merah akan langsung luntur warnanya.

Berbeda jika bayam merah dimasak atau dibersihkan menggunakan bersama dengan air cuka yang bersifat asam, zat antosianinnya akan stabil sehingga warna bayam merah tidak mudah luntur.  Biasanya bayam merah yang berubah warna menjadi warna hijau karena daun bayam memiliki zat hijau daun atau klorofil.

baca juga

Aturan Masak Bayam Merah

Sebelum memasak bayam, pastikan moms sudah mencuci bayam merah dengan bersih, ya, lalu tiriskan dengan bersih. Moms bisa memasak bayam merah dengan direbus, ditumis, atau dikukus. Saat akan memasak bayam merah dengan direbus, pastikan memasukkan bayam merah ketika air rebusannya sudah mendidih.

Sebaiknya moms langsung menyantap bayam sudah matang hingga tak tersisa. Sayur bayam merah yang masih tersisa pun sebaiknya tidak dipanaskan ulang karena kandungan zat besinya bisa terkosidasi menjadi racun yang tidak baik bagi tubuh.  

Aturan Masak Bayam Merah