Jeruk purut dan nipis sama-sama berwarna hijau, namun memiliki perbedaan dari segi aroma, rasa, bentuk, maupun kegunaan lho, Moms. Jadi tidak semua masakan menggunakan jeruk yang sama. Agar tidak tertukar menggunakannya yuk simak info perbedaan jeruk purut dan jeruk nipis ini!

Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini menjadi jenis jeruk yang paling familiar di telinga kita. Kulitnya berwarna hijau kekuningan dan dalamnya memiliki warna putih transparan, memiliki kulit yang tipis. Berikut perbedaan jeruk nipis.

Bentuk dan Ukuran
Bentuk jeruk nipis kecil bulat dan kulit buah yang tidak terlalu tebal namun jeruk nipis lebih besar jika dibandingkan dengan jeruk purut, Moms. Jeruk nipis memiliki permukaan yang halus. Bagian dalam jeruk nipis memiliki daging buah yang lebih banyak Moms, tekstur daging jeruk ini tipis-tipis dan biji buah yang juga kecil. Bulir jeruk ini berwarna hijau agak kekuningan.

Rasa
Jeruk nipis memiliki rasa asam yang lebih dominan dan kadar air yang lebih banyak dibanding jenis jeruk purut.

Aroma
Untuk aromanya jeruk nipis punya aroma wangi tapi tidak terlalu menyengat seperti jenis jeruk lainnya.

Kegunaan
Moms bisa memakai jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis ikan atau daging. Selain itu, air perasan kedua jeruk ini juga bisa dicampurkan pada kuah soto atau makanan berkuah lainnya agar lebih segar. Selain itu jeruk ini bisa menjadi penambah rasa asam alami pada sayuran. Jeruk nipis juga tak jarang diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Jeruk Nipis
baca juga

Jeruk Purut

Moms jeruk purut memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari jeruk lainnya lho. Berikut perbedaan jeruk purut.

Bentuk dan Ukuran
Moms bisa membedakan dengan cepat karena bentuk kulit jeruk purut lebih keriput dan terasa paling kasar. Warna buahnya hijau tua, juga memiliki bentuk bulat tak beraturan. Bulir jeruk purut berwarna hijau cerah dan cenderung bening. Biji buahnya jauh lebih kecil dan daging buah lebih padat jika dibandingkan jeruk nipis.

Rasa
Rasa yang dimiliki jeruk purut sama seperti jeruk lainnya Moms, yaitu asam dan menyegarkan.

Aroma
Jeruk purut juga punya aroma wangi seperti jeruk pada umumnya.

Kegunaan
Jika Moms gemar membuat sambal, maka jeruk purut bisa dijadikan perasa sambal. Selain buahnya, daun jeruk purut juga sering menjadi bumbu utama masakan, karena aroma wanginya menyegarkan. Jeruk ini juga digunakan sebagai penghilang bau amis pada daging.

Jeruk Purut