Seputar Bawang Bombay

Bawang bombay adalah salah satu jenis bahan masakan yang memiliki bentuk lebih besar dibandingkan bawang jenis lainnya. Disebut bawang bombay karena dibawa oleh para pedagang yang berasal dari kota Bombay (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia.

Bawang bombay memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang, daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih besar dibanding daun bawang merah biasa. Batang semunya merupakan pelepah daun dan menimbulkan jejak cincin-cincin, pangkal pelepahnya melebar dan menebal membentuk bengkakan besar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, bengkakan itu sendiri adalah umbi bawang.

Bawang bombay cocok ditanam di daerah pegunungan dengan suhu 18-20°C. Penyinaran sinar matahai panjang hingga 14 jam sehari. Ketinggian tempatnya ideal 800 meter di atas permukaan laut.

Seputar Bawang Bombay

Jenis dan Kegunaan Bawang Bombay

Moms, sudah tahu belum kalau bawang bombay terdiri dari beberapa jenis, lho! Tidak seperti bawang merah dan bawang putih, memiliki nama yang hampir kembar tetapi bentuknya sama sekali tidak sama, jenis bawang bombay ini memiliki bentuk yang hampir mirip atau sama hanya saja rasa dan aromanya berbeda. Moms penasaran? Nah, berikut ini jenis-jenis bawang bombay dan kegunaannya.

Jenis dan Kegunaan Bawang Bombay
baca juga

Bawang Bombay Kuning atau Cokelat

Bawang bombay jenis ini sering kita temui dan banyak diolah untuk masakan. Bawang ini memiliki ukuran bulat yang besar dan bentuknya agak lonjong, serta memiliki kulit tipis yang berwarna cokelat.

Umbi bawang bombay jenis ini berwarna putih kekuningan dengan diameter yang tebal. Olahan populer dari bawang bombay adalah onion ring. Tapi bawang bombay juga sering digunakan untuk menumis atau disajikan mentah dalam salad karena rasanya yang cenderung manis. Bawang bombay kuning ini semakin lama dimasak, semakin manis rasanya, lho Moms.

Bawang Bombay Kuning atau Cokelat

Bawang Bombay Putih Manis

Bawang bombay putih manis atau dikenal juga dengan sweet onion sekilas tampak sama dengan bawang bombai kuning, hanya saja warna kulitnya yang cenderung cokelat muda. Bentuknya pun jauh lebih bulat jika dibandingkan dengan bentuk bawang bombay kuning, kira-kira seperti bola tenis. Baunya lebih tajam dari bawang bombay lainnya, serta teksturnya lebih garing dan tipis.

Sesuai namanya, sweet onion memiliki rasa yang sangat manis dan segar. Karena teksturnya yang rapuh, sweet onion lebih cocok disajikan mentah sebagai campuran salad atau sandwich.  Selain itu, bawang ini juga biasa digunakan untuk masakan beraroma atau bercita rasa kuat, misalnya untuk membuat saus salsa ala Meksiko.

Bawang Bombay Putih Manis
baca juga

Bawang Bombay Merah

Nah, jenis terakhir yaitu bawang bombay merah atau biasa disebut juga dengan red onion. Bawang ini memiliki bentuk bulat dengan ukuran yang besar, yaitu sebesar bola golf sampai bola tenis. Red onion memiliki kulit berwarna merah keunguan. Senada dengan warna umbinya yang juga merah keunguan yang pekat.

Rasa red onion jauh lebih kuat dibanding bawang merah, tapi akan berubah menjadi manis ketika sudah dimasak. Meski begitu, red onion juga cocok disajikan mentah sebagai topping burger, salad, atau pizza.

Bawang Bombay Merah