Fungsi imunisasi BCG adalah untuk memberikan antibodi yang kuat pada tubuh anak agar dapat melawan bakteri TB. Jadi, imunisasi ini sifatnya wajib lho, moms. Yuk, simak lebih jauh tentang imunisasi BCG untuk bayi di bawah ini!

Pemberian Imunisasi BCG, Umur Berapa Sih yang Tepat Untuk Bayi?

Di Indonesia sendiri, pemberian imunisasi BCG umumnya dilakukan ketika bayi baru lahir dan dianjurkan paling lambat sebelum bayi berusia 3 bulan. Lebih daripada itu, bayi harus dites tuberkulin terlebih dahulu sebelum diimunisasi. Hal ini untuk mengetahui apakah bayi sudah pernah terpapar kuman TB atau belum. Imunisasi BCG ini cukup diberikan sekali seumur hidup.

Awas Tuberkulosis, Jangan Lupa Imunisasi BCG pada Bayi Ya Moms!
source: https://www.bundanet.com


 

Efek Samping Imunisasi BCG


Jangan risau moms apabila muncul efek samping berupa luka melepuh di area suntikan. Tak jarang, luka ini juga disertai lebam dan rasa sakit selama beberapa hari. Setelah beberapa minggu, titik suntikan bisa membesar hingga hampir 1 cm dan mengeras lalu meninggalkan bekas luka yang kecil. Umumnya, luka ini akan segera sembuh setelah beberapa minggu.

Efek Samping Imunisasi BCG
source: https://www.babyologist.com


 

baca juga

Hal yang Harus Moms Perhatikan Sebelum Memberi Imunisasi BCG


Hal paling utama adalah dosis. Bayi berusia di bawah satu tahun hanya bisa menerima dosis imunisasi BCG sebanyak 0,05 ml. Selain itu, penyuntikan umumnya dilakukan pada lengan bagian atas. Namun ingat moms, area tersebut tidak boleh diberikan imunisasi lain dalam jangka waktu minimal tiga bulan.

Ada juga beberapa hal lainnya yang membuat moms harus menunda imunisasi BCG untuk si buah hati, yaitu sebagai berikut:

  • Bayi terserang demam tinggi
  • Infeksi kulit
  • HIV positif dan belum mendapat penanganan
  • Pengobatan kanker atau kondisi lain yang memperlemah sistem imunitas
  • Diketahui mengalami reaksi anafilaktik terhadap imunisasi BCG
  • Pernah terkena tuberkulosis, atau tinggal serumah dengan penderita tuberkulosis
Hal yang Harus Moms Perhatikan Sebelum Memberi Imunisasi BCG
source: https://www.nakita.grid.id

Itu dia moms beberapa informasi yang harus diketahui terkait pemberian imunisasi BCG pada bayi. Pastikan si kecil melakukan imunisasi BCG di puskesmas atau rumah sakit yang ditangani langsung oleh dokter atau para petugas medis. Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya.