Nyeri Payudara Saat Haid


Pertanda menjelang haid, moms bisa mengalami nyeri yang disertai pembengkakan pada payudara satu sampai dua minggu sebelum haid. Payudara juga terasa lebih padat dan berisi. Hal ini lumrah saja akibat pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang naik-turun selama siklus menstruasi. Pembengkakan dan nyeri payudara ini akan hilang sebelum haid tiba.

Nyeri Payudara Saat Haid
source: https://www.doktersehat.com


 

Nyeri Payudara Saat Hamil


Dibandingkan nyeri payudara menjelang PMS, nyeri payudara tanda kehamilan umumnya akan terasa lebih sakit. Maklum saja, saat kehamilan, payudara menjadi daerah yang cukup sensitif. Selain itu, payudara juga akan tampak lebih besar dan berisi saat menjelang hamil.

Puting sakit tanda hamil atah haid, ya? Apabila moms merasakan kesemutan di area sekitar puting susu, itu juga merupakan tanda-tanda kehamilan. Tanda lainnya adalah warna kulit di area ini menjadi lebih gelap dari biasanya.

Nyeri payudara tanda hamil biasanya terjadi satu sampai dua minggu setelah hamil. Hal ini juga bisa berlangsung cukup lama, moms. Pasalnya, terjadi lonjakan hormon progesteron dalam tubuh wanita saat kehamilan. Pada beberapa wanita, nyeri ini juga bisa dirasakan sepanjang masa kehamilan.

Nyeri Payudara Saat Hamil
source: https://www.haibunda.com


 

baca juga

Gejala Lainnya yang Harus Moms Perhatikan


Gejala akan datangnya haid atau si jabang bayi memang hampir mirip moms, makanya tak jarang banyak yang salah kira soal ini. Agar moms tidak sampai bingung, perhatikan juga tanda-tanda lainnya di bawah ini.
  • Kram perut. Saat menjelang haid, perempuan biasanya akan mengalami kram atauanyeri di bagian perut, baik itu ringan ataupun intens. Kondisi ini akan berangsur hilang seiring periode haid.
  • Mual-mual atau muntah merupakan tanda umum  kehamilan. Hal ini tidak dialami saat menjelang haid. Begitu juga dengan telatnya datang bulan. Meski begitu, tidak selamanya telat datang bulan menjadi pertanda kehamilan.
  • Perdarahan ringan juga menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Hal ini umumny tidak terjadi saat menjelang PMS.
  • Solusi terakhir dan cara terbaik adalah dengan melakukan tes kehamilan.
Gejala Lainnya yang Harus Moms Perhatikan
source: https://www.alodokter.com


 

Itu dia moms beberapa perbedaan nyeri payudara saat hamil dan mestruasi. Semoga bermanfaat ya.