Apa Itu Vaksin Yellow Fever?

Vaksin Yellow Fever adalah vaksin untuk mencegah penyakit Yellow Fever atau demam kuning. Vaksin ini adalah salah satu vaksin yang direkomendasikan WHO dan Kementerian RI untuk orang-orang yang melakukan perjalanan Internasional ke atau hidup di area-area tropis di Amerika dan Afrika dimana demam kuning banyak terjadi. Vaksin Yellow Fever merupakan vaksin hidup yang dilemahkan, sehingga tidak diberikan kepada bayi dan orang-orang dengan sistim imun yang lemah. 

Yellow Fever sendiri merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh virus Flavivirus yang ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi. Apabila tertular pada manusia dapat mengakibatkan kerusakan pada saluran hati, jantung, dan organ internal lainnya yang dapat menyebabkan kematian dari  sel-sel dalam ginjal dan hati. 

Penyakit Yellow Fever dapat dicegah dengan melakukan pembratasan perkembangbiakan nyamuk di dalam rumah maupun lingkungan sekitar rumah. Selain itu dapat juga mencegah terjadinya gigitan nyamuk dengan cara memakai kelambu atau lotion penolak nyamuk. Usahakan untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar rumah. Rajinlah menguras bak mandi maupun tempat penampungan air lainnya yang memungkinkan nyamuk untuk berkembang biak. 
 

source : http://www.henryfordlivewell.com

 

Harga dan Syarat Vaksin Yellow Fever 

Harga vaksin yellow fever adalah sekitar 300.000 belum termasuk biaya administrasi dan lain-lain. Jika ditotal sekitar 350.000 (sudah termasuk biaya administrasi dan lain-lain) untuk biaya vaksin yellow fever. Namun, perlu diketahui Moms setiap tempat memiliki standar biaya yang berbeda-beda, jadi belum tentu tempat satu dengan tempat lainnya sama. Biaya di atas tidak bisa menjadi patokan, untuk itu perlu mencari tahu terlebih dahulu dari berbagai sumber. 

Syarat vaksin yellow fever hanya satu yaitu memiliki paspor dengan Nama dan Nomor Paspor harus sesuai seperti yang tertera di Paspor. 

 

source : 
https://m.indiamart.com

 
baca juga

Panduan Vaksin Yellow Fever 2019

Pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan vaksin yellow fever adalah memilih lokasi vaksin, tidak semua tempat melayani pemberian vaksin yellow fever dan bisa menerbitkan ICV secara resmi.​​​​​

Tempat yang tepat dan resmi untuk mendapatkan ICV yang asli dan resmi adalah Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP. Moms bisa memilih lokasi KKP yang paling dekat dengan tempat tinggal. Moms bisa mencarinya di situs resmi milik KKP.

Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi atau pendaftaran, Moms bisa langsung datang ke KKP atau melakukan pendaftaran secara online. Isi formulir yang diberikan. Jangan lupa untuk membawa paspor beserta photo copynya.

Selanjutnya adalah mengambil nomor antrian. Formulir yang telah diisi akan diinput oleh petugas. Setelah itu petugas akan menyuruh peserta vaksin untuk membeli vaksin di koperasi. Obat dan formulir di serahkan di ruangan vaksinasi dan membayar Rp 45.000 untuk proses pemeriksaan dan penerbitan buku ICV. Setelah di suntik di ruang vaksinasi, peserta akan masuk di ruangan barcode untuk di foto dan mendapatkan buku kuning ICV.


 

Cara Online Booking Vaksin Yellow Fever 

Pertama, kunjungi halaman resmi KKP ini, dan mulai mengisi formulirnya. Pastikan untuk mengisi semua pertanyaan yang tertera pada formulir. Jangan sampai terlewat satupun. 

 

source : https://backpackstory.me

Tampilan formulir vaksin yellow fever online 

Setelah formulir diisi lengkap, pastikan bahwa tidak ada kesalahan pengisian, setelah itu klik tombol "Kirim". Nantinya sistem akan mengirimkan dua buah file ke email yang telah didaftarkan, yaitu Tanda Terima Pendaftaran Online dan Formulir Pendaftaran Online Vaksinasi Internasional. Langkah selanjutnya adalah mencetak formulir yang nantinya untuk ditunjukkan di meja registrasi KKP. 


 
baca juga

Vaksin Yellow Fever Kosong 

Jika Moms mengalami masalah vaksin yellow fever kosong, Moms bisa melaporkan kekosongan vaksin yellow fever ke situs Lapor.go.id agar segera ditindak lanjuti. Lapor.go.id adalah Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang diluncurkan pemerintah sejak 2013. 

LAPOR adalah aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif.​​​​

Laporan dan pengaduan warga yang masuk via LAPOR dikelola dan didisposisikan ke berbagai  instansi terkait yang terhubung untuk direspons langsung. Moms bisa mengaksesnya disitus web www.lapor.go.id a atau melalui app store atau aplikasi mobile. 

Nah, itulah Moms beberapa hal mengenai vaksin yellow fever. Semoga bermanfaat. 
​​​​​​