1. Bersikap Proaktif

Remaja saat ini berjuang untuk menghubungkan apa yang mereka pelajari di sekolah hari ini sampai kehidupan setelah lulus nanti. Sehingga sudah semestinya orangtua proaktif dalam mendukung anak dalam hal pendidikannya.

Kamu dapat memberi kesempatan untuk berbicara dengan para guru sejak dini dan menekankan pentingnya pendidikan di rumah. Kamu juga harus menyadari harapan sekolah tersebut, memantau pekerjaan rumah dan tugas, serta memastikan anak kamu memiliki ruang belajar di rumah.

Hal ini dapat menunjukkan kepada siswa bahwa orangtuanya menghargai pendidikan mereka dan sehingga ia akan lebih baik lagi di sekolah.
 

source: https://tulisanwanita.com



 

baca juga

2. Intervensi

Tips mendidik anak remaja selanjutnya adalah dengan intervensi. Ketrampilan manajemen waktu yang buruk, mendapat nilai rendah, tidak menjalankan tugas, marah-marah dan frustrasi adalah tanda-tanda bahwa anak kamu sedang berjuang.

Sebagai orangtua kamu harus mengintervensinya segera. Sangat penting agar orangtua duduk bersama anak remajanya begitu anak memiliki tantangan. Bimbing dia melalui langkah-langkah menyelesaikan persoalan yang mudah dipahami. Ingat, jangan pernah menyalahkan anak.

Ajari dia bagaimana bertanggung jawab, kasi tahu bagaimana dia harus berkomunikasi dengan seorang guru. Hal ini juga dapat membantu guru jika orangtua memberi tahu mereka masalah pribadi, seperti kematian di keluarga atau kehilangan pekerjaan orangtua, yang dapat mempengaruhi prestasi akademik siswa.
 

source: http://abiummi.com



 

3. Memotivasi

Kamu harus mendorong anak kamu untuk mencari bantuan ketika ia kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolahnya, tapi ketika anak remaja kamu meminta bantuan, kamu harus membimbingnya bukan melakukan pekerjannya atau mengambil alih tugas sekolahnya.

Kamu mungkin ingin konselor membantunya, tapi ingat siswa harus menjalankan tanggungjawabnya dengan berkomunikasi kepada guru sebelum orang lain membantunya. Orangtua seharusnya membiarkan anak-anak mereka tahu bahwa tidak apa-apa membuat kesalahan, jangan takut untuk melakukan sesuatu yang menurutnya benar.
 

source: http://id.pinterest.com