1) Berikan Air Hangat

Langkah pertama meringankan batuk pada anak adalah dengan memberikannya cairan yang menenangkan, seperti air hangat yang dicampur madu. Tapi ingat, madu hanya bisa diberikan kepada anak yang berusia di atas 1 tahun. Madu dilarang diberikan kepada bayi karena dapat menyebabkan keracunan. Selain air hangat campuran madu, kamu juga bisa memberikan cairan hangat lainnya, seperti kuah sop dan sebagainya. 
 

1) Berikan Air Hangat
source: http://www.express.co.uk


 

2) Perhatikan Suhu Kamar Anak

Selanjutnya cek suhu dalam kamar anak. Hindari kamar terlalu panas atau terlalu dingin. Karena hal ini dapat menyebabkan udara menjadi kering, sehingga memperparah batuknya. 

 

2) Perhatikan Suhu Kamar Anak
source: https://www.mnn.com


 

baca juga

3) Tepuk Punggung Anak

Apabila anak mengalami batuk yang berdahak atau dengan lendir, maka bantu lancarkan lendirnya keluar dengan menggunakan teknik menepuk punggung. Jadi, dudukkan anak di pangkuanmu, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut untuk melancarkan lendir. 

 

3) Tepuk Punggung Anak
source: https://consumer.healthday.com


 

4) Berikan Obat Alami

Kamu enggak perlu langsung memberikan obat batuk yang dijual di apotik. Namun, kamu bisa mengusahakan pengobatan alami terlebih dahulu. Salah satunya dengan membuat minuman hangat dari sereh, jahe, rosela atau daun cengkeh dan diberi sedikit madu. Minuman hangat ini cukup mujarab untuk anak usia di atas 3 tahun.

Sementara untuk anak di usia di bawah itu, jangan memberikannya dulu ya, Moms. Jangan lupa untuk memastikan minuman hangat yang kamu buat tidak terlalu pekat. 
 

4) Berikan Obat Alami
source: http://www.livestrong.com


 

baca juga

5) Nyamankan Anak dengan Aromaterapi

Ternyata minyak esensial peppermint dan kayu putih dapat membantu menenangkan batuk lho. Masukkan beberapa tetes dari minyak itu dalam semangkuk air panas, dan tutupi kepala anak dan mangkun dengan handuk.

Lakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai wajah anak ya! Lalu, minta anak untuk menghirup uapnya selama beberapa menit. Perlu diingat jangan meninggalkan anak sendirian dan selalu awasi. 
 

5) Nyamankan Anak dengan Aromaterapi
source: http://www.webmd.com