Popok Kain dan Ragamnya


Ketika bayi baru lahir moms pasti mulai bingung nih sebaiknya pakaikan apa ya untuk popok bayi baru lahir. Apakah popok sekali pakai atau popok kain. Ketika menyebutkan popok kain pasti ibu-ibu langsung berasumsi sebuah popok yang terbuat dari kain, yang sekali pakai cuci, dan bikin repot. Apalagi dalam keadaan sebagai ibu baru, tanpa asisten, semua diurus sendiri, mana mungkin ya bulak-balik cuci popok repot banget pastinya. 

Jangan salah kaprah moms, karena popok bayi kain jaman sekarang itu sudah di design lebih nyaman dan ga perlu harus dicuci setiap kali basah. Popok kain yang lebih awet ini sering disebut sebagai clodi. Clodi merupakan popok bayi yang bisa dicuci memang tidak seawet menggunakan popok sekali pakai yang bisa tahan sampai 12 jam. Pengunaan clodi paling maksimal hanya 3-4 jam. 

Kenapa clodi bisa awet padahal clodi adalah popok cuci? Clodi memiliki insert yang berbahan kain yang menyerap. Pengunaan clodi agar awet juga ada beberapa cara agar tidak terjadi kebocoran. 

Berikut ini adalah beberapa panduaan dalam pengunaan clodi:
  1. Beli clodi yang berkualitas
  2. Lakukan prewash terhadap clodi yang baru dibeli
  3. Gunakan liner kalau kulit pantat baby menggunakan cream / lotion
  4. Posisikan clodi secara benar saat menjemur
  5. Ganti clodi setelah pemakaian 3–4 jam
  6. Pakaikan clodi secara rapi
  7. Patuhi aturan dalam mencuci dan merawat clodi
  8. Lakukan stripping (cuci tanpa sabun) rutin sebulan sekali
Masih ragu mengunakan popok kain moms?  Mari kita bahas tentang keuntungan lainnya dalam mengunakan popok kain yuk. 
Popok Kain dan Ragamnya
source: https://lkpanel.motherandbaby.co.id


 

Keuntungan Penggunaan Popok Kain


Harga popok bayi menjadi salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan. Apabila moms berkomitmen untuk mengunakan popok sekali pakai pasti akan lebih memliki pengeluaran besar dibanding moms memilih pengunaan popok kain cuci. 

Selain pengeluaran yang lebih besar, pengunaan popok kain cuci juga lebih ramah lingkungan. Di luar itu. Dari pengalaman pribadi pengunaan popok kain juga membantu sekali dalam memantau asupan asi/sufor si kecil apalagi bagi bayi baru lahir. 

Banyak sekali moms yang berkonsultasi seputar bayi mereka yang baru lahir dan seputar bagaimana ibu bisa tahu bisa si bayi sudah cukup asi. Apalagi bayi ibu yang memberikan asi secara langsung tanpa perah. Cara termudah dan paling akurat adalah dengan menghitung jumlah pipis pada bayi. Apabila bayi pipis minimal 8 kali dalam 24 jam berarti cakupan asi/sufor nya cukup moms. 

Keuntungan Penggunaan Popok Kain
source: http://minikinizz.com

Selain bisa menghitung jumlah pipis, moms juga bisa memantau warna urine. Karena memperhatikan hal-hal seperti ini penting untuk memantau kesehatan bayi. 

Harga popok bayi di jaman sekarang memang bervariasi ya moms mulai dari yang bersahabat dengan kantong sampai yang menjulang tinggi. Tapi memang ada harga ada kualitas. Jika memang moms lebih memilih berhemat. Popok kain adalah jawabannya.