Manfaat Gurita Bayi

Meski masih menjadi pro kontra, ada kok Moms manfaat gurita bayi baru lahirSelain menjaga agar bayi tetap hangat dan tidak masuk angin. Manfaat lainnya  adalah untuk menahan tubuh bayi baru lahir yang masih lemah. Hal itu bertujuan agar semua tulang dan fungsi tubuh bayi menjadi baik dan sempurna. Jadi Moms harus memilihkan gurita bayi yang bagus, agar bayi terjaga kehangatan dan tubuhnya.

Manfaat Gurita Bayi
source: http://kaltim.prokal.co/


 

Dan zaman sekarang, sudah banyak lho Moms dijual gurita bayi modern dengan berbagai motif yang lucu-lucu. Ada juga gurita bayi modern instan, jadi Moms tidak perlu mengikat banyak tali-tali gurita. Moms cukup merekatkannya sisi kanan dan kirinya saja. Praktis dan cepat. Tidak hanya praktis, gurita bayi modern juga ada ukurannya Moms. Jadi bisa disesuaikan dengan besar bayi.

Manfaat Gurita Bayi
source: https://www.tokopedia.com/


 

baca juga

Gurita Bayi Dalam Pandangan Medis


Meski masih banyak orangtua yang percaya bahwa bayi baru lahir perlu memakai gurita, namun ada pandangan medis mengenaik gurita. Menurut pandangan medis, bayi baru lahir tidak memerlukan gurita. Karena ada bahaya yang bisa ditimbulkan jika gurita tidak digunakan dengan benar. Apa saja?

  • Sesak Napas, penggunaan gurita yang terlalu kencang dapat menyebabkan bayi sesak napas. Karena bayi berusia  0 – 3 bulan biasanya belum dapat bernapas sepenuhnya dengan paru-paru. Pemakaian gurita yang terlalu ketat membuat sirkulasi udara tersebut akan terhambat dan terjadilah sesak napas.
  • Muntah, jika dikenakan ketika bayi sedang makan atau minum, maka pemakaian gurita yang terlalu ketat akan menyebabkan tekanan pada bagian perut akan membuat perut si kecil tidak bekerja dengan baik. Jadi makanan atau minuman yang masuk ke lambung akan dikeluarkan kembali ke kerongkongan dan dimuntahkan oleh bayi.
Gurita Bayi Dalam Pandangan Medis
source: https://nakita.grid.id/
  • Iritasi Kulit, pemakaian gurita bayi baru lahir yang terlalu ketat akan menghambat sirkulasi udara pada area perut. Dan hal ini bisa menjadi penyebab iritasi kulit, seperti gatal, biang keringat, dan ruam.
  • Risiko Kematian, gurita yang dipasangkan terlalu ketat dapat menyebabkan kematian. Ketika Moms memakaikan gurita terlalu ketat, maka asupan oksigen yang dibutuhkan bayi akan terhambat, sehingga bayi menjadi susah bernapas. Sementara itu oksigen dalam sistem pernapasan nantinya akan diteruskan ke bagian otak. Jika otak kekurangan oksigen maka akan mengakibatkan kerusakan yang berakhir denga kematian.

Jadi Moms, meski sebenarnya tidak diperlukan, namun jika Moms merasa harus mengenakan gurita bayi untuk menjaga tubuh bayi dan kehangatannya diperbolehkan. Perlu diingat, Moms harus hati-hati jangan sampai Moms mengikatkan gurita terlalu kencang karena akan menimbulkan akibat yang sangat fatal. Hati-hati ya, Moms.