1) Jangan Melepas Tali Pusat dengan Paksa

Sudah tahu kan, Moms kalau tali pusat bayi akan puput dengan sendirinya. Umumnya akan lepas dalam waktu 1 minggu, namun pada beberapa bayi ada juga yang lepas dalam waktu 10 hingga 14 hari.

Pada satu hingga dua minggu pertama kehidupan bayi ini, tali pusat akan mengering lalu puput. Oleh karena itu, jangan sekali-kali melepas tali pusatnya dengan paksa karena risikonya cukup parah, di antaranya mengalami infeksi dan perdarahan. 
 

source: http://www.parentscanada.com


 

2) Jaga Tali Pusat agar Selalu Kering

Biasanya bayi yang lahir sehat hanya akan menginap 1 hingga 2 hari di rumah sakit sebelum dibawa pulang ke rumah. Apabila tali pusat bayi belum lepas saat sudah dibawa pulang ke rumah, maka usahakan kamu merawat tali pusatnya dengan benar.

Jaga tali pusat bayi tetap kering, tidak basah ataupun lembap, karena jika demikian maka akan menyebabkan infeksi. Kamu enggak perlu membersihkan tali pusat dengan sabun dan biarkan dalam keadaan terbuka, enggak tertutup kasa. 
 

source: http://pregnancyandbaby.com


 

baca juga

3) Hati-hati saat Mengganti Popok dan Memandikan Bayi

Ada 2 hal yang perlu kamu perhatikan dalam merawat tali pusat bayi yaitu, pertama jangan sampai tali pusat tertutupi popok, untuk mencegah terkena urine ataupun feses bayi. Jika terkena maka tali pusat akan terinfeksi kuman.

Yang kedua, saat memandikan bayi, usahakan tali pusatnya tidak terkena air, baby oil ataupun zat lain yang mungkin kamu oleskan ke tubuh bayimu. 
 

source: https://www.pampers.com


 

4) Segera Bawa Bayi ke Dokter Jika Terjadi Infeksi

Selalu perhatikan kondisi tali pusat bayimu. Apabila kamu mendapatinya bernanah, berbau dan tampak merah di sekitar tali pusat, bayi rewel karena nyeri dan badannya demam, maka itu kemungkinan tanda tali pusat bayi mengalami infeksi. Jangan panik ya, Moms tetapi segera bawa bayimu ke dokter untuk diperiksa!
 

source: http://www.parents.com