Pengertian Gelang Monel


Gelang monel adalah gelang yang terbuat dari logam dengan kandung nikel yang dicampur material lain, seperti tembaga, besi, dan mineral. Monel dibentuk dari batangan padat yang kemudian dibubut menggunakan mesin dan dibentuk sesuai dengan keinginan. Nah, setelah dibentuk, monel harus dipoles agar hasilnya halus dan mengkilat.

Gelang monel untuk bayi dipercaya ampuh bisa menurunkan demam bayi dan anak karena bisa menstabilkan suhu tubuh anak yang demam. Cocok digunakan sebagai terapi anti step dan kejang. Namun menurut ahli, belum ada penelitian medis mengenai manfaat gelang monel untuk mencegah demam dan kejang demam.

Sebenarnya kejang demam hingga kini belum bisa dicegah. Ada beberapa anak yang bisa mengalami kejang meski suhu badannya tidak terlalu tinggu saat demam.

Pengertian Gelang Monel
source: https://www.tokopedia.com/


 

baca juga

Tips Mencegah Anak Mengalami Kejang & Demam


Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar si kecil terhindar dari kejang dan demam, diantaranya adalah
  • Memberikan ASI dan MPASI adalah ​​​cara meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang infeksi.
  • Hindarkan anak dari orang-orang yang sedang terkena demam.
  • Jika anak demam, kompres leher, ketiak, dan selangkangannya dengan air hangat dan perbanyak kontak fisik skin to skin dengan anak.
Tips Mencegah Anak Mengalami Kejang & Demam
source: http://bangka.tribunnews.com/
  • Beri anak obat paracetamol untuk menurunkan demamnya (sesuai dosis anjuran dokter)
  • Jika anak kejang, jangan panik Moms, miringkan tubuhnya, baringkan di tempat yang datar, tidak memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya, dan periksakan segera si kecil ke dokter.

Ciri Gelang Monel Asli


Untuk Moms yang ingin memakaikan gelang monel pada si kecil, Moms harus bisa membedakan mana gelang monel asli dan gelang monel palsu. Berikut adalah perbedaan, Moms.

  • Gelang monel palsu biasanya dibuat dari bahan aluminium yang croom agar mengkilap seperti monel, namun gelang monel asli tetap lebih berat dari pada aluminium.
  • Gelang monel palsu akan tampak menguning atau kusam jika terus menerus terkena hujan, panas & keringat yang memiliki kadar asam ( Acid ) tinggi, untuk gelang monel asli tidak akan berubah sedikitpun.
  • Gelang monel asli memiliki daya tarik magnet lebih kecil, berbeda dengan gelang monel palsu yang dibuat dari besi agar lebih murah.
Ciri Gelang Monel Asli
source: https://www.bukalapak.com/

Nah Moms, itu tadi ulasan tentang manfaat gelang monel pada bayi. Namun manfaat gelang monel untuk dewasa biasanya digunakan sebagai aksesoris seperti gelang dan cincin. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.