Campak dan Rubella, dua penyakit yang hampir mirip, dengan gejala ruam pada kulit dan demam tinggi. Bedanya, rubella bisa menyebabkan cacat hingga berujung kematian. Sampai saat ini belum ada pengobatan untuk mematikan virus campak dan rubella. Satu-satunya untuk mencegah penyakit ini masuk ke tubuh seseorang adalah dengan imunisasi. Apa itu imunisasi campak rubella? Yuk Moms simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Imunisasi Campak Rubella?

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Infeksi virus bisa menyebabkan ruam merah pada kulit, demam tinggi dan komplikasi lainnya seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan gizi buruk. Kedua penyakit tersebut bahkan bisa menyebabkan kematian.
 
Campak dan Rubella umumnya menyerang anak-anak, tapi bisa juga menyerang orang dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi. Pada Rubella yang menulari ibu hamil, bisa membayakan janin. Janin akan mengalami kecacatan atau yang sering dikenal dengan Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan. Yang lebih bahaya lagi adalah bisa menyebabkan keguguran.
 
Belum ada obat untuk mematikan virus Campak dan Rubella. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mencegah penyakit ini masuk ke tubuh seseorang melalui imunisasi vaksin MR. Vaksin MR atau singkatan dari Measles (M) dan Rubella (R) bisa mencegah dua penyakit sekaligus.

Source: https://parenting.dream.co.id


 

Kapan Imunisasi Campak Rubella Dilakukan?

Campak dan Rubella bisa menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk mencegahnya anak harus divaksin sejak masih bayi. Vaksin ini aman karena telah digunakan di lebih 141 negara. Pemerintah menganjurkan imunisasi campak rubella dilakukan pada anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun. 

Source: https://doktersehat.com
baca juga

Berapa biaya untuk Imunisasi Campak Rubella?

Pemerintah melakukan vaksinasi campak rubella di sekolah-sekolah pada periode tertentu. Imunisasi campak rubella juga bisa dilakukan di posyandu. Pada program tersebut, pemerintah tidak memungut biaya sepeserpun. Namun, jika dilakukan di rumah sakit atau dokter praktik, biayanya sangat mahal. Moms perlu mengeluarkan uang Rp500.000 untuk sekali vaksin. 

Di Singapura, vaksin campak rubella bisa sampai jutaan. Sementara di Indonesia, vaksin diberikan secara gratis kepada masyarakat. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini ya Moms. Kalau pemerintah membuat program imunisasi campak rubella serentak, manfaatkan. 

Source: https://www.klikmama.id

 

Bagaimana Imunisasi Campak Rubella di 2018?

Virus penyakit campak dan rubella menyebar melalu batuk dan bersin serta kontak langsung dengan penderita. Pemerintah kemudian membuat program vaksinasi campak dan rubella sejak tahun 1980-an. Program tersebut berhasil menurunkan angka kematian dari tahun ke tahun.

Untuk memperluas vaksin, pemerintah melakukan kampanye pemberian imunisasi campak rubella pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun secara bertahap. Imunisasi fase 1 dilakukan pada Agustus - September 2017 di Pulau Jawa. Fase 2 pada bulan Agustus - September 2018 di seluruh pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Source: https://www.popmama.com
baca juga

Imunisasi Campak Rubella Haram?

Vaksin campak rubella ternyata mengandung Babi. Seperti yang kita ketahui, dalam Islam, Babi diharamkan. MUI sempat mengharamkan vaksin campak rubella, namun setelah dikaji, hukum vaksin campak rubella berubah menjadi mubah.

Sampai saat ini belum ditemukan vaksin campak rubella yang halal dan suci. Dengan kondisi keterpaksaan dan jika tidak dilakukan imuniasi berakibat fatal, vaksin campak rubella diperbolehkan, sampai vaksin halal ditemukan.

Source: https://www.wajibbaca.com

 

Jangan takut ya Moms, vaksin campak rubella diperbolehkan kok. Pembuatan vaksin juga pasti dilakukan dengan sangat hati-hati dan sistem yang ketat. Sebelum pemerintah mendistribusikan vaksin, sudah melewati penelitian dan uji coba. Jadi, abaikan berita vaksin campak rubella itu palsu. Sebelum semuanya terlambat, vaksin buah hati Moms.