Sawi putih dan kandungan nutrisi di dalamnya
Sawi putih atau sawi cina, merupakan salah satu jenis sayuran yang terkenal diseluruh dunia karena manfaatnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh manusia. Sawi putih mengandung antioksidan yang begitu bermanfaat. Sawi putih termasuk dalam keluarga kol, atau dapat disebut juga kubis. Tumbuhan ini memiliki ciri daun mulus, berkerut-kerut, tidak berbulu, benuk krop bulat, bulat memanjang atau variasi bentuk lainnya yang umumnya kompak atau padat.

Cara Menanam Sawi Putih Hidroponik untuk Pemula, Bisa Coba di Rumah Nih, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.hargabulanini.com/harga-sawi-putih-dan-sawi-hijau-terbaru/amp/

Sayuran yang memiliki daun berwarna putih pucat ini memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kalium, magnesium, beta karoten, kalsium, potassium, serat, glutamin, vitamin C, sumber antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya. Wah kaya nutrisi sekali ya ternyata sawi putih ini, Moms.

Jika Moms ingin menanam sendiri sawi putih ini bisa lho, Moms. Dengan sistem hidroponik dan memanfaatkan botol bekas air mineral Moms sudah bisa menanam sawi putih hidroponik sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

Sawi putih hidroponik
Cara Menanam Sawi Putih Hidroponik untuk Pemula, Bisa Coba di Rumah Nih, Moms!

Sawi putih hidroponik merupakan tumbuhan yang diambil daun dan bunganya untuk dijadikan bahan pangan seperti sayuran segar untuk diolah menjadi beragam jenis masakan. Di Indonesia terdapat sawi hijau yang biasa disebut sawi bakso, caisim, atau caisin, serta sawi putih yang disebut juga petsai. Sawi telah lama menjadi kerabat masyarakat Indonesia dikarenakan nikmat dan kaya manfaat.

baca juga

Budidaya sawi putih hidroponik
Pembudidayaan sawi bisa dilakukan dengan media tanah ataupun tanpa tanah, seperti hidroponik. Sawi yang dibudidaya dengan metode bercocok tanam tanpa tanah atau istilah umumnya hidroponik bisa menjadi pilihan setiap orang yang mau belajar bercocok tanam. Hasil sayuran sawi akan terasa lebih gurih, segar, dan nikmat apabila ditanam dengan menerapkan konsep hidroponik.

Cara Menanam Sawi Putih Hidroponik untuk Pemula, Bisa Coba di Rumah Nih, Moms!
source: https://minimalisxrumah.com/tips-cara-membuat-menata-taman-di-rumah-agar-terlihat-indah/desain-taman-gantung-sederhana-dari-barang-bekas/

Hidroponik sawi sudah lama dilakukan oleh petani. Terdapat peluang usaha yang cukup menjanjikan. Salah satu alasannya adalah sawi merupakan jenis sayuran yang cepat tumbuh sehingga lebih cepat panen dan memberikan hasil pertanian yang banyak. 

Cara menanam sawi hidroponik bisa dilaksanakan di rumah dengan memanfaatkan media tanam seperti botol bekas dengan mengambil konsep hidroponik sistem sumbu. Untuk panduan penanamnya, Moms bisa simak caranya berikut ini!

Cara menanam sawi putih hidroponik

Persiapan
Dalam tahap ini, ada beberapa alat dan bahan yang perlu Moms siapkan, diantaranya:

  • Benih sawi
  • Botol bekas minuman atau air mineral
  • Alat untuk memotong botol seperti pisau atau gunting
  • Alat untuk membuat lubang pada tutup botol, seperti bor atau paku
  • Media semai rockwool (dinilai lebih bersih, praktis, dan memiliki kemampuan mengikat air yang baik)
  • Media tanam berupa abu sekam
  • Air
  • Nutrisi hidroponik
  • Sumbu kompor atau bisa diganti dengan kain flanel
Cara Menanam Sawi Putih Hidroponik untuk Pemula, Bisa Coba di Rumah Nih, Moms!
source: https://www.jurukebun.com/2016/02/cara-menanam-hidroponik-sederhana_2.html?m=1

Pembibitan dengan semai benih
Begitu seluruh peralatan dan bahan yang diperlukan telah siap, maka cara menanam sawi hidroponik dengan botol bekas yang selanjutnya adalah kegiatan penyemaian benih sawi.
Berikut panduan pembibitan benih sawi:

  1. Sediakan nampan atau wadah untuk media semai rockwool.
  2. Potong-potong rockwool dalam bentuk persegi menjadi beberapa bagian.
  3. Taburkan 1 – 2 biji sayur sawi pada setiap rockwool, kemudian basahi dengan air bersih dan letakkan semua rockwool berisikan biji ke atas nampan.
  4. Pindahkan nampan atau wadah semai ke tempat yang gelap dan tutup dengan plastik hitam.
  5. Tunggu biji pecah dan tumbuh kecambah atau tunas dalam waktu satu sampai dua hari.
  6. Setelah tumbuh kecambah, perkenalkan benih ke matahari yang tidak terlalu terik ataupun terkena paparan sinarnya secara langsung.
  7. Semprotkan air pada rockwool setiap pagi dan sore selama proses penyemaian.
baca juga

Pembuatan media tumbuh tanam
Tahap ketiga bisa dilakukan sembari menunggu proses penyemaian benih. Berikut cara menanam sawi hidroponik dengan mempersiapkan media pertumbuhan:

  1. Belah botol menjadi dua bagian dengan gunting atau pisau.
  2. Pastikan bagian atas dan bawah terpisah sama rata, karena nanti akan digabungkan.
  3. Buat celah berupa lubang pada tutup botol minuman dengan paku. Moms bisa memanaskan paku agar lebih mudah dalam membuat lubang.
  4. Lubang yang dibuat jangan terlalu besar karena dikhawatirkan sumbu sebagai sarana distribusi nutrisi mudah merosot.
  5. Setelah lubang selesai dibuat, masukkan sumbu ke dalam botol dan buat sedikit tumpukan pada bagian dalam tutup botol (bagian atas botol).
  6. Isi bagian atas botol dengan arang sekam.
youtube:74tHX6PzkMU
source: https://youtu.be/74tHX6PzkMU
Cara Menanam Sawi Hidroponik

Pemindahan benih sawi putih
Jika kegiatan semai sudah berlangsung cukup lama dan tanaman sudah cukup tua, cara menanam sawi putih hidroponik sederhana berikutnya adalah dengan melakukan pindah tanam atau transplantasi tanaman. Berikut caranya:

  1. Basahi rockwool dengan air seperlunya, lalu cabut tanaman sawi yang masih kecil dengan hati-hati agar akar tidak putus.
  2. Pindahkan dan benamkan tanaman sawi ke dalam arang sekam pada botol. Ulangi proses sampai bibit yang sudah berakar ini masuk ke dalam botol.
  3. Setelah itu, Moms perlu memberikan cairan nutrisi setiap hari pada awal penanaman, berikutnya tidak perlu sesering masa awal tanam. Nutrisi hidroponik bisa dibuat sendiri dengan menggabungkan pupuk yang didapat dari toko pertanian.