Ternyata pertumbuhan rambut bayi sudah terjadi sejak dalam kandungan lho, yakni di usia 8-12 minggu kehamilan. Rambut itu enggak hanya tumbuh di kepala saja, melainkan juga di beberapa bagian tubuh lainnya kecuali bibir, telapak kaki, telapak tangan dengan ketebalan yang berbeda-beda. Dari semua rambut di bagian tubuh itu, rambut pada kepalalah yang tumbuhnya paling tebal dan banyak. 
 

source: https://www.bebesymas.com


 

Rambut Bayi Sudah Gugur atau Rontok dalam Kandungan

Kamu wajib banget buat tahu nih, Moms, kalau ternyata rambut memiliki 3 fase pertumbuhan. Pertama adalah anagen, di mana fase ketika rambut tumbuh. Lalu, katagen adalah fase peralihan. Terakhir, telogen di mana rambut gugur menjadi rambut mati. 

Umumnya, rambut bayi yang tumbuh di minggu 8-12 kehamilan, akan gugur dalam 6 bulan pertama. Setelah itu, akan tumbuh rambut baru yang sifatnya permanen dan sudah mengikuti pertumbuhan rambut yang normal dan alami. 
 

source: http://lifestylescans.com


 

baca juga

Posisi Tidur Bayi Memengaruhi Rontoknya Rambut Bayi

Coba deh kamu perhatikan, apakah selama ini kecenderungan rontoknya rambut bayimu di bagian belakang kepalanya atau tidak? Hal ini disebabkan karena rambut gugur atau rontok pada bayi membentuk pola tertentu atau hanya di bagian tertentu saja. Enggak perlu khawatir karena hal ini masih dianggap normal, terutama pada bayi berusia kurang dari 6 bulan.

Beberapa yang menyebabkan kerontokan terjadi pada bagian tertentu saja, karena bayi lebih banyak tidur di satu posisi saja, ataupun karena punya kebiasaan menarik dan membenturkan kepala. Nah, untuk mengurangi kecepatan gugurnya rambut bayi, maka ubah posisi tidurnya ya, Moms. 
 

source: https://www.bebesymas.com


 

Rontok karena Penyakit

Walaupun kasusnya agak jarang, namun rambut bayi rontok juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, misalnya infeksi kulit akibat jamur atau gangguan hormon. Sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter apabila bayimu mengalami kerontokan rambut hebat setelah usia lebih dari 6 bulan, agar cepat diketahui apakah ia benar mengidap suatu penyakit atau tidak. 
 

 

source: https://www.captainmums.com


Kesimpulannya, kerontokan rambut pada bayi termasuk hal wajar, terutama jika terjadi saat ia berusia di bawah 6 bulan. Kamu perlu cemas apabila rambut buah hatimu rontok dalam jumlah banyak saat melewati usia 6 bulan. Segera bawa bayi ke dokter jika hal ini terjadi ya!