Salah satu cara singkat mencapai standar kecantikan jaman now adalah dengan operasi plastik. Makanya, kalau dulu operasi plastik itu terkesan tabu, sekarang malah booming dan jadi incaran banyak kaum wanita.

Apalagi kalau hasil yang didapatkan bagus. Mereka rela loh merogoh kocek hingga ratusan juta demi tampil cantik bak artis Korea atau bintang Hollywood. Meski membuat wanita jadi makin cantik sempurna tapi operasi plastik juga punya efek samping negatif loh. Ini dia bahaya operasi plastik yang harus moms ketahui:

Pendarahan

Biasanya beberapa saat usai operasi pasien akan mengalami pendarahan yang bisa saja berlanjut ke tahap komplikasi jika pendarahan tersebut tidak segera berhenti. Pembekuan darah yang terjadi usai operasi plastik juga bisa membuat warna kulit menjadi kehitaman atau ungu. Kondisi ini biasa disebut dengan hematoma. Hematoma yang berkelanjutan dapat menyebabkan jaringan kulit mati dan masalah serius lain seperti infeksi.

Nggak Cuma Bikin Cantik, Ini 4 Bahaya Operasi Plastik yang Ngeri Abis
source: https://www.gannett-cdn.com

Efek samping anestesi

Anestesi adalah tindakan membius pasien sesuai dengan ijin dari pasien tersebut. Secara umum proses anestesi ini akan membuat kamu jadi nggak sadar tapi bisa berujung menjadi masalah serius seperti komplikasi. Beberapa diantara seperti infeksi paru-paru, stroke, serangan jantung, dan kematian. Efek samping dari anestesi pada operasi plastik ini misalnya terbangun dengan kondisi panik, atau hilang orientasi.

Bekas luka

Apapun jenis operasi pasti membutuhkan teknik pembedahan dan penjahitan kembali termasuk dengan operasi plastik. Jadi bekas pembedahan pasca operasi plastik tersebut meskipun telah melalui proses pengobatan, tidak bisa hilang 100% atau kembali mulus seperti semula. Ibaratnya kertas yang sudah diremas pasti akan tetap kusut meski sudah berusaha dihaluskan. Hal ini berlaku juga untuk tubuh dan wajah. 

Nggak Cuma Bikin Cantik, Ini 4 Bahaya Operasi Plastik yang Ngeri Abis
source: https://www.eonline.com

Hasil tidak sesuai keinginan

Bahaya operasi plastik yang paling bikin menyesal seumur hidup adalah ketika hasil operasi tidak sesuai dengan bayangan dan keinginan. Meski harus bayar mahal, belum tentu menjamin hasilnya sesuai keinginan. Di Korea sendiri yang namanya “Ghost Surgery” pada bidang operasi plastik masih banyak. Menurut pihak Association of Plastic Surgeon yang diwakili oleh Jo Soo-Young, dokter bedah plastik yang terdaftar di Korea Selatan jumlahnya tidak lebih dari 2.000 orang tapi yang melakukan praktik operasi plastik mencapai 20 ribu dokter.

Para dokter tersebut adalah dokter hantu yang tak lain asisten dokter spesialis bedah plastik yang bisa melakukan standar dasar meski nggak punya izin praktek operasi plastik di Korea. Itulah mengapa pemerintah Korea memperketat peraturan soal operasi plastik. Rumah sakit dan klinik di Korea Selatan harus memberikan sertifikat operasi plastik bagi pasiennya yang berasal dari luar negeri. Sertifikat khusus itu memuat nomor paspor, visa, nama rumah sakit, dan mencantumkan lama kunjungan serta maksud berada di Korea Selatan.