Rumah Ceria di Jakarta

Rumah Ceria merupakan tempat belajar yang didirikan oleh Persatuan Orangtua dengan Anak Down Syndrome (POTADS) di kawasan Jakarta Selatan. Di Rumah Ceria ini tersedia berbagai fasilitas untuk mendukung anak-anak down syndrome dalam menyalurkan bakatnya, misalnya berlatih alat musik dan bidang seni lainnya.

Selain itu, orangtua anak down syndrome juga bisa mendapatkan berbagai informasi tentang down syndrome di sini. Disediakan pula terapi untuk melatih kemampuan motorik, kognitif, sosial, wicara anak-anak tersebut. 
 

Rumah Ceria di Jakarta
source: http://potads.or.id/


 
baca juga

Sekolah ABK Ephphatha Indonesia di Bekasi

Ephphatha Indonesia merupakan sekolah bagi semua anak berkebutuhan khusus. Jadi enggak hanya menerima anak Down Syndrome saja, namu juga anak-anak dengan autisme, tuna rungu, tuna grahita dan berkebutuhan khusus lainnya.

Sekolah yang berada di Bekasi ini sudah aktif sejak 1986. Proses belajar mengajarnya juga hampir sama seperti sekolah reguler, namun tentu saja yang berbeda adalah cara menghadapi siswa-siswinya. 
 

Sekolah ABK Ephphatha Indonesia di Bekasi
source: http://ephphathaindonesia-net.blogspot.co.id


 

Saraswati Learning Center di Jakarta

Saraswati Learning Center (SLC) juga menerima hampir semua anak-anak berkebutuhan khusus. Pembelajaran di SLC ini terbilang unik karena setiap kelas dinamai dengan nama-nama pulau di Indonesia dan dibagi berdasarkan kelompok umur.

Misalnya, kelas Bali untuk anak usia 3-4/5 tahun, kelas Sumatra untuk usia 5-7/8 tahun, kelas Papua untuk 7-10/11 tahun dan sebagainya. Kapasitas siswa per kelas hanya dibatasi 10 saja.

Selain melatih kemampuan berekspresi murid-muridnya, di sini juga diajarkan tentang kemandirian, stimulai motorik kasar dan halus, kemampuan sosial serta literasi.
 

Saraswati Learning Center di Jakarta
source: http://whatsnewjakarta-feed.blogspot.co.id/



 

baca juga

Sekolah Tunas Daud Denpasar

Enggak banyak sekolah inklusif atau sekolah reguler yang menerima anak berkebutuhan khusus, namun Sekolah Tunas Daud Denpasar adalah salah satunya. Jadi di sini, anak-anak berkebutuhan khusus termasuk down syndrome dapat belajar dengan anak-anak normal lainnya.

Tapi tentu saja, mereka akan mengaplikasn strategi pengajaran tersendiri. Misalnya jika ada anak berkebutuhan khusus yang sangat kesulitan belajar, maka akan dipisahkan dengan teman-teman lainnya dan ditanganis secara individu.

Menurut para guru di sekolah ini, anak berkebutuhan khusus juga bisa berprestasi lho. Beberapa di antaranya menonjol dalam bidang tertentu. Wah! 
 

Sekolah Tunas Daud Denpasar
source: http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/