Amandel adalah kelenjar getah bening (limfoid) yang terlihat menonjol pada sisi kiri dan kanan tenggorokan. Amandel berbentuk mirip bakso dengan ukuran sebesar kelereng hingga bola pimpong. Fungsi dari amandel adalah sebagai penghadang agar kuman tidak mudah masuk ke saluran pernapasan. Amandel yang sehat akan berwarna sesuai dengan warna jaringan di sekitarnya dan berpermukaan rata. Ukuran amandel pada anak-anak relatif lebih besar karena sangat diperlukan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang mampu melawan kuman penyebab penyakit.

Namun anak dengan rentang usia 3-7 tahun akan rentan terkena penyakit radang dan infeksi amandel. Ciri amandel yang tidak sehat atau terinfeksi adalah membengkak, berwarna kemerahan, atau terdapat bercak putih. Penyakit yang juga disebut Tonsilitis ini akan mengakibatkan sakit tenggorokan kronis atau berulang, bau mulut, gangguan menelan, tersumbatnya jalan pernapasan bagian atas (ditandai dengan dengkuran), hingga terhentinya pernapasan saat tidur. Karena menimbulkan rasa yang amat tidak nyaman bagi anak, Tonsilitis perlu segera mendapatkan penanganan medis, salah satunya melalui prosedur operasi.

Ini yang Harus Moms Ketahui Sebelum & Sesudah Operasi Amandel Pada Anak

Indikasi Operasi Amandel

Pada dasarnya amandel adalah bagian tubuh pada anak yang memiliki fungsi cukup penting. Namun, karena kelenjar ini rentan terkena infeksi dan radang, moms harus tahu tindakan lain yang dapat dilakukan sebelum memutuskan untuk mengoperasi amandel anak. Radang amandel bisa disebabkan oleh bakteri atau virus, sehingga pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan antibiotik seperti penisilin. Jika pemberian antibiotik tidak dapat mengobati infeksi yang terjadi, anak akan tetap merasa tidak nyaman seperti tidak mau makan karena merasa sakit saat menelan, anak sering menarik telinga karena sakit, demam, serta suara menjadi serak. Saat beberapa indikasi tersebut terjadi, moms harus segera mempersiapkan tindakan operasi.

Indikasi Operasi Amandel
baca juga

Sebelum Jalani Operasi Amandel

Terdapat pula beberapa kriteria yang harus dipenuhi saat moms akan memutuskan untuk mengoperasi amandel anak, di antaranya yaitu infeksi atau radang amandel terjadi setidaknya tujuh kali dalam satu tahun, terjadi lima kali infeksi tenggorokan selama dua tahun berturut-turut, infeksi tersebut menyebabkan demam, gangguan pernapasan yang menyebabkan dengkuran parah dan membuat anak sering terbangun, anak mengalami kesulitan menelan, serta terdapat tumor ganas pada amandel. Pastikan juga saat akan menjalani operasi anak diberikan penjelasan tentang penyakitnya dan prosedur pengobatan yang akan diterima. 

Sebelum Jalani Operasi Amandel

Prosedur Operasi Amandel

Persiapan anak yang harus dilakukan sebelum tindakan operasi yaitu, anak harus istirahat yang cukup setidaknya H-4 sebelum operasi dilakukan. Anak dilarang melakukan kegiatan berat yang bisa membuatnya kelelahan fisik, usahakan agar anak tidak mengonsumsi obat anti nyeri atau peradangan dan berpuasa sejak malam untuk mengosongkan lambung sebelum operasi. Moms juga harus senantiasa menemani dan memberi dukungan sebelum dan selama operasi berlangsung. Operasi amandel atau tonsilektomi akan berlangsung selama 1,5 jam dengan bius total pada pasien. Pasien akan ditempatkan dengan posisi mulut terbuka agar dokter dapat melihat amandel yang meradang.

Prosedur Operasi Amandel
baca juga

Pemulihan Pasca Operasi Amandel dan Efek Samping yang Bisa Timbul

Untuk mempercepat pemulihan pasca operasi amandel, moms harus memperhatikan hal-hal berikut: 

  • Pastikan anak tidak tidur larut malam atau beraktivitas terlalu lelah.
  • Penuhi cairan tubuh yang anak perlukan. 
  • Hindarkan anak dari makan makanan pedas dan berlemak seperti nasi goreng atau bakso. 
  • Berikan makanan dengan tekstur lembut dan halus seperti bubur dan sup.
Beberapa efek samping juga dapat timbul setelah tindakan operasi, seperti pendarahan pasca operasi, rasa sakit di bagian ujung tenggorokan, sakit di area THT, rasa tidak nyaman dan nyeri saat menelan, mual dan muntah, nyeri di bagian rahang hingga telinga, pusing, snoring, sampai demam. Jika pasca operasi anak mengalami demam hingga 4 hari ke depan, maka moms harus segera mengunjungi dokter untuk memeriksa apakah terjadi infeksi pasca operasi.
Pemulihan Pasca Operasi Amandel dan Efek Samping yang Bisa Timbul