Cara membuat si kecil nafsu makan
Nafsu makan seseorang dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin. Hormon ghrelin akan meningkatkan nafsu makan, sedangkan hormon leptin berfungsi menurunkan nafsu makan dan menghambat rasa lapar. Hormon ghrelin akan dilepaskan di perut yang kemudian memberi sinyal lapar pada otak.

Moms sebagai orang tua harus dapat memperkirakan asupan kalori si kecil agar tidak kurang dari kebutuhannya. Setiap anak membutuhkan kalori yang berbeda-beda, tergantung dengan usia, jenis kelamin, serta kondisi kesehatannya.

5 Cara Membuat Anak Nafsu Makan, yang Terakhir Bikin Makin Dekat dengan Si Kecil
source: https://www.haibunda.com/nutrisi/d-4192908/setelah-umur-1-tahun-nafsu-makan-anak-kok-agak-berkurang-ya

Menurut angka kecukupan gizi (AKG) yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, anak usia 1-6 tahun membutuhkan sekitar 1.100-1.600 kalori per harinya. 

Banyak anak yang mengalami susah makan di usia tersebut. Jika anak susah makan, sebagian besar orangtua pasti cemas. Namun, jangan keburu panik dulu Moms. ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak.

  • Jangan dipaksa
5 Cara Membuat Anak Nafsu Makan, yang Terakhir Bikin Makin Dekat dengan Si Kecil
source: https://tipsperawatancantik.com/memaksa-anak-makan-dapat-menyebabkan-trauma-ini-penjelasannya/

Mungkin, ketika si kecil tidak mau makan, Moms merasa tidak sabaran dan akhirnya memaksanya untuk makan. Padahal, cara memaksa tak akan membuat nafsu makan anak bertambah lho Moms, justru sebaliknya. Si kecil akan semakin menghindar dan malas untuk makan dan membuat suasana makan menjadi tegang.

Jadi, lakukan cara lain untuk membuatnya mau makan. Misalnya, dengan membujuk si kecil.

baca juga
  • Buatlah variasi makanan dengan tampilan menarik

Si kecil bisa saja merasa bosan, apalagi jika Moms selalu membuatkan menu yang sama. Sebaiknya, buatkan menu makanan yang bervariasi. 

5 Cara Membuat Anak Nafsu Makan, yang Terakhir Bikin Makin Dekat dengan Si Kecil
source: http://anwartour.com/2017/10/26/cara-penyajian-makanan-untuk-anak/

Coba kombinasikan bermacam-macam sayur dengan warna berbeda, dan sajikan bersama sumber karbohidrat, protein, dan lemak, dalam porsi makan yang seimbang. Ini akan sangat mendukung kecukupan nutrisi pada anak. Moms juga bisa menghias makanan menjadi bento kartun favoritnya. Dengan begitu, si kecil akan lebih nafsu untuk makan.

  • Makan dalam porsi kecil namun sering

Jika memang si kecil susah makan, jangan memberikannya makanan dengan porsi yang besar. Alih-alih memberi porsi makan yang besar, malah dapat menurunkan nafsu makannya. 

Moms bisa siasati dengan berikan ia porsi makan yang kecil, kemudian dua hingga tiga jam berikutnya kasih ia makanan dengan menu baru. Hal ini juga bisa  membuat si kecil tidak merasa bosan.

5 Cara Membuat Anak Nafsu Makan, yang Terakhir Bikin Makin Dekat dengan Si Kecil
source: https://www.google.co.id/amp/s/m.republika.co.id/amp/mkyd23
  • Batasi minum anak saat makan

Biasanya, si kecil suka minum terlalu banyak ketika makan. Hal ini hanya akan membuatnya cepat kembung dan akhirnya menolak untuk menghabiskan makanannya. 

Jadi, beri tahu ia agar jangan minum terlalu banyak saat makan. Moms bisa membatasi air minum saat ia makan, misalnya satu gelas saja untuk satu kali makan. Setelah selesai makan, baru berikan anak minum tambahan. Jangan juga berikan anak minuman yang memiliki rasa manis, karena membuat ia semakin cepat kenyang.

baca juga
  • Libatkan anak saat menyiapkan makanan

Bermain sambil memasak, kenapa tidak? Moms bisa mengajaknya untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya. Berikan ia tugas yang mudah, misalnya menyiapkan beberapa bahan makanan atau sekadar menghias makanan.

5 Cara Membuat Anak Nafsu Makan, yang Terakhir Bikin Makin Dekat dengan Si Kecil
source: https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/manfaat-memasak-bersama-anak/amp/

Biasanya, si kecil akan lebih tertarik untuk makan jika ia ikut serta dalam menyiapkan makanannya tersebut. Moms juga bisa memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan yang disukai anak, sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik. Dengan cara ini, anak akan lebih bersemangat.

Nah, Moms bisa melakukan cara-cara tersebut di atas untuk membangkitkan nafsu makan si kecil ya! Semoga bermanfaat.