Dokter menganggap normal jika rambut moms rontok sekitar 50-100 helai setiap hari. Hal ini seharusnya tak akan menimbulkan masalah apalagi rambut rontok. Pasalnya, rambut baru akan tumbuh dan menggantikan rambut yang rontok sebelumnya. Namun, masalah muncul ketika rambut rontok berlebihan, disertai dengan pertumbuhan rambut pengganti yang terhenti.

Sebelum memasuki membahas solusinya, yuk kita cari tahu apa penyebab rambut rontok berlebih! Menurut medis, permasalahan ini disebut telogen effluvium. Kerontokan ini terjadi secara menyeluruh dan tidak menyebabkan pitak. Akibatnya rambut tampak tipis secara keseluruhan. 

4 Cara Mudah Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami, Bisa Pakai Bumbu Dapur Juga Moms!

Keadaan tersebut biasanya terjadi setelah tubuh moms mengalami stres atau tekanan secara emosional maupun fisik. Selain itu perubahan hormonal, kekurangan gizi, menderita penyakit tertentu, anemia, efek samping obat-obatan, bahkan hingga penurunan berat badan hingga lebih dari 9 kilo pun bisa menjadi faktotnya loh moms!

So, bagaimana cara mengatasinya? Berikut 4 tips mudah bagaimana membuat masker rambut alami untuk rambut rontok.

4 Cara Mudah Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami, Bisa Pakai Bumbu Dapur Juga Moms!
baca juga

1. Masker Rambut Lidah Buaya

Lidah buaya sangat cocok untuk mencegah rambut rontok, kulit kepala yang teriritasi dan kering.

Cara membuat masker rambut alami dari lidah buaya cukup dengan menggunakan daging lidah buaya dan oleskan langsung pada kulit kepala. Biarkan selama beberapa jam, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

1. Masker Rambut Lidah Buaya

2. Masker Rambut Telur

Kandungan protein yang tinggi membuat telur menjadi salah satu bahan terbaik untuk mendorong pertumbuhan rambut. Kandungan pendukung lainnya seperti zat besi, selenium, fosfor dan yodium yang mampu melembabkan tiap helai rambut dan meyuburkan folikel rambut. Telur pun kaya akan vitamin A, E, dan D yang bisa mengurangi kerontokan rambut dan memperbaiki teksturnya.

Cara membuat masker dari telur ialah memisahkan putih telur dan kuning telur. Kocok telur dalam mangkuk dan tambahkan minyak zaitun juag madu. Aduk sampai rata hingga serupa pasta halus. Ratakan pada rambut dan kulit moms secara hati-hati ya. Biarkan 20 menit dan bilas dengan shampo hingga masker hilang.

Namun bagi kulit berminyak, gunakan putih telur saja dan kuning telur saja jika rambut moms mengalami hal sebaliknya.  

2. Masker Rambut Telur
baca juga

3. Masker Rambut Teh Hijau

Teh hijau kaya akan anti-oksidan yang membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Cara membuat masker rambut alami dari teh hijau ialah cukup merendam kantong teh dalam air panas selama 7-8 menit. Setelah itu, oleskan teh hijau hangat di seluruh kulit kepala moms dan biarkan selama 1 jam. Setelahnya bilas dengan air dingin.

3. Masker Rambut Teh Hijau

4. Masker Rambut Bawang Merah dan Bawang Putih

Dua bumbu dapur ini ternyata sangat kaya sulfur loh moms! Zat sulfur bisa membantu produksi kolagen yang mampu meningkatkan pertubuhan rambut.

Cara membuat masker dari bawah putih ialah dengan mengahancurkannya beberapa siung dan campurkan dengan minyak kelapa yang sudah direbus. Kemudian oleskan pada kulit kepada sambil dipijat. Setelahnya bilas dengan air dan shampo.

Cara membuat masker dari bawah merah lebih sederhana dari bawah putih. Hanya dengan mengurus kecil-kecil dan keluarkan sarinya. Lalu oleskan pada kepala, dan bilas dengan shampo.
 

Demi mendapatkan hasi terbaik, moms dianjurkan melakukan salah satu treatment diatas 2 hinggga 3 kali dalam seminggu (kecuali telur 1 minggu 1 kali). Bila kerontokan sudah sangat parah, segera konsultasi pada dokter spesialis kulit ya moms!