Salah satu imunisasi yang terkenal praktis namun memiliki manfaat yang banyak yaitu imunisasi pentabio. Untuk lebih paham mengapa vaksin ini sangat dipenting, Moms bisa simak penjelsan berikut ini ya.

Apa Sih Imunisasi Pentabio?

Moms, imunisasi pentabio merupakan jenis imunisasi yang terdiri dari 5 vaksin, di mana vaksin tersebut mampu mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh si kecil. Kandungan pentabio yang disuntikkan ke dalam otot paha atas atau lengan si kecil mampu mencegar penyakit pertusis, difteri, tetanus, hepatitis B, dan haemophilus influenza tipe B. 

Meski tanggapan negatif banyak bermunculan dari imunisasi ini, tapi efek samping dirasakan akan sangat ringan, ketimbang imunisasi jenis lainnya. Pemberian vaksin ini akan dilakukan pada bayi yang berusia 2 bulan, 4 bulan, hingga 6 bulan dan pada anak usia 18 bulan hingga 3 tahun. 
Serba-Serbi Imunisasi Pentabio, 5 Manfaat dalam 1 Vaksin
source: https://www.popmama.com


 

Imunisasi Pentabio Tidak Demam


Sebenarnya keluhan yang dikhawatirkan Moms di rumah saat si kecil menerima imunisasi pentabio salah satunya demam. Namun jangan terlalu khawatir Moms, setiap bayi memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap imunisasi pentabio yang diberikan. Jika pada akhirnya si kecil terkena demam jangan ragu untuk memberikan obat demam sesuai anjuran dokter.

Meski ada beberapa reaksi lain yang ditimbulkan dari imunisasi pentabio, nyatanya vaksin ini memiliki manfaat yang sangat penting agar si kecil terhindar dari penyakit berbahaya. Jadi jangan ragu untuk membawa si kecil melakukan vaksin.
Imunisasi Pentabio Tidak Demam
source: https://www.tinystep.in


 

baca juga

Imunisasi Pentabio Booster


Imunisasi pentabio dilakukan sebanyak 3 kali pada bayi dengan usia yang dijelaskan di atas, sedangkan booster atau dikenal dengan imunisasi lanjutan akan diberikan pada usia 18-24 bulan. Imunisasi pentabio booster juga kembali dilakukan saat usia 5 dan juga 7 tahun. 
Imunisasi Pentabio Booster
source: http://awalbros.com


 

Imunisasi Pentabio dan Polio


Pemberian vaksin pentabio tentu berbeda sesuai degan usia sang bayi. Saat berusia 2 bulan, si kecil akan mendapatkan imunisasi DPT-HB-Hib 1 dan Polio 2. Di usia bulan, bayi akan mendapatkan imunisasi DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3, dan saat memasuki usia 4 bulan si kecil akan mendapatkan imunisasi DPT-HB-Hib 3 dan Polio 4.
Imunisasi Pentabio dan Polio
source: https://hellosehat.com


 

baca juga

Imunisasi Pentabio Terlambat


Moms, pernah nggak kamu merasa resah saat imunisasi yang harus dilakukan si kecil tapi malah terlambat? Nah, Moms jika masalahnya seperti itu kamu tetap harus mengejar imunisasi yang tertinggal ya.

Imunisasi pentabio dilakukan 3 kali saat bayi berusia 2,4, dan 6 bulan dan jika saat bulan ke 4 kamu tertinggal, Moms tetap harus melakukan imunisasi susulan ya dan usahakan kondisi si kecil sedang fit.
Imunisasi Pentabio Terlambat
source: https://kumparan.com

Sudah paham kan manfaat imunisasi pentabio untuk tumbuh kembang si kecil? Jadi, jangan lupa ya Moms untuk bawa sang buah hati imunisasi.