Kandungan dan Manfaat Sereh Wangi Untuk Kesehatan

Dikenal juga dengan lemongrass dalam bahasa Inggris, serai wangi atau sereh wangi yang termasuk dalam jenis sereh ini memang terkenal sebagai penghasil minyak sereh alami atau yang biasa disebut citronella. Termasuk ke dalam daftar tanaman pengusir serangga yang bisa juga untuk menghangatkan tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak, sereh wangi dianggap ampuh untuk atasi nyamuk, Moms. Kandungan yang terdapat pada sereh wangi antara lain sitrat, sitronelal, farnesol, geraniol, terpinol, mirsen, sabinen, beta kadinen, elemol dan tripinol. Tak jarang, minyak alami sereh wangi memang sering digunakan sebagai cara alami untuk mengusir nyamuk.

Kerap digunakan untuk bahan dasar minyak atsiri ataupun minyak esensial, tanaman pengharum alami dengan nama ilmiah Cymbopogon Nardus ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan loh, Moms seperti diantaranya dapat meredakan nyeri pada bagian tubuh, mengurangi stress dan menenangkan pikiran, memperbaiki kinerja pencernaan, baik untuk detoksifikasi, membuat otot rileks, membantu proses penyembuhan luka dan sebagai antiseptik alami, menghilangkan bau badan, anti inflamasi sampai dengan membantu membunuh bakteri yang berasal dari makanan pada tubuh. 

Harum dan Kaya Manfaat, Begini Moms Cara Budidaya Sereh Wangi

Cara Menanam Sereh Wangi

Enak dan cocok juga untuk dibuat lemongrass tea yang menyegarkan, agar tidak hanya mengonsumsi atau membeli sereh saja, ketauhi juga nih Moms cara menanam sereh wangi yang bersifat perennial atau tumbuhan menahun ini. Pasti Moms ingin tahu dong bagaimana sih proses tumbuhan dengan aroma khas ini ditanam hingga siap untuk dipakai? 

Harum dan Kaya Manfaat, Begini Moms Cara Budidaya Sereh Wangi
baca juga

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membudidayakan sereh wangi, namun perlu diketahui bahwa dalam menanam sereh wangi hal yang perlu diperhatikan antara lain kesuburan tanah yang sebaiknya sereh wangi di tanam di tanah gembur dengan pH 5,5 - 7,0, iklim yang lembab dengan curah hujan rata 1.000 – 1.500 mm/tahun dengan bulan kering sekita 4-6 bulan karena pada musim kemaraun pertumbuhannya menjadi agak lambat, tinggi tempat di atas permukaan laut yang sebaiknya 1.200 m dpl dan tipe tanah seperti di dataran tinggi atau rendah dengan ketinggian maksimal tempat menanam 250 m dpl yang dilakukan pada sebuah lahan khusus, Moms.

Penanaman sereh wangi yang dilakukan di lahan dapat dilakukan seminggu setelah penyemprotan herbisida pada lahan. Untuk mengurangi penyiraman, penanaman sebaiknya dilakukan di awal atau akhir musim hujan. Bibit sereh wangi yang ditanam di musim hujan juga akan yumbuh dengan lebih cepat. Tanam 1 sampai 2 batang bibit sereh wangi berukuran kecil pada setiap lubang tanam, jika batang bibit berukuran besar cukup 1 saja, Moms. Tanam bibit sampai tanah berada sedikit di atas pangkal batang bibit, lalu padatkan tanah disekitanya agar bibit tertanam dengan kokoh. 

Harum dan Kaya Manfaat, Begini Moms Cara Budidaya Sereh Wangi

Perawatan Sereh Wangi

Termasuk tanaman yang cepat tumbuh, sereh wangi dewasa bisa tumbuh hingga mencapai 1 meter, Moms. Prosedur yang termasuk perawatan atau pemeliharaan pada budidaya sereh wangi yaitu, setelah 3 minggu atau sebulan umur bibit yang telah ditanam, dilakukan penyiangan dan penyulaman yakni pembasmian hama dan membuang serai yang telah kering, layu atau mati serta tumbuh tidak sempurna. Hal tersebut bertujuan untu mempertahankan sereh wangi yang tumbuh dengan baik dan untuk mengetahui estimasi paroduksi sereh wangi yang akan dihasilkan pada saat panen nanti, Moms.

Harum dan Kaya Manfaat, Begini Moms Cara Budidaya Sereh Wangi
baca juga

Selain itu, dilakukan juga pembubunan atau pemantauan tanaman sereh wangi yang tidak tahan pada tanah yang airnya tergenang, untuk itu aerasi dan drainase harus diatur dengan baik. Setelah itu ada pemupukan yang dilakukan secara berkala untuk menjaga kesuburan tanah. Pupuk urea digunakan pada umur satu bulan setelah tanam, sedangkan pupuk kendang cukup diberikan pada 6 bulan sekali.  

Harum dan Kaya Manfaat, Begini Moms Cara Budidaya Sereh Wangi

Panen Sereh Wangi

Dengan banyaknya permintaan akan minyak sereh dan harganya pun cukup stabil bahkan cenderung tinggi, sereh wangi menjadi komoditi dan peluang usaha yang prospektif untuk dibudidayakan, Moms. Di beberapa daerah di Indonesia juga sudah banyak daerah yang menjadi penghasil sereh wangi.

Harum dan Kaya Manfaat, Begini Moms Cara Budidaya Sereh Wangi

Waktu panen sereh wangi dilakukan pada tanaman yang sudah berumur 5 - 6 bulan. Dengan ciri-ciri daun berwarna lebih hijau tua, aroma daun sudah semakin kuat dan daun lebih lentur dan tidak rapuh, Moms. Hal yang pertama dilakukan pada proses pemanenan ialah memotong bagian daun paling atas sekitar 5 cm.

Panen selanjutnya bisa dilakukan di setiap 3 bulan pada musim hujan dan setiap 4 bulan di musim kemarau. Biasanya hasil produksi sereh wangi sejak panen pertama hingga ketiga akan meningkan, namun pada panen berikutnya hingga panen ketujuh produksi akan mengalami penurunan hingga 50%. Pada pasca panen barulah proses penyulingan untuk menghasilkan minyak sereh wangi dilakukan, Moms.

Harum dan Kaya Manfaat, Begini Moms Cara Budidaya Sereh Wangi