Tips Memilih Tas Sekolah Anak

Hampir setiap tahun ajaran baru, orangtua akan membelikan anak mereka tas sekolah baru. Benar, kan Moms? Alasannya bermacam-macam, ada yang karena tas sekolah tersebut sudah rusak, mengikuti tren dan ada pula karena ukuran tas sekolah yang sudah terlalu kecil. Ada berbagai model tas sekolah seperti tas ransel, tas selempang, tas trolley, tas koper dan tas bahu. 

Menurut penelitian, membawa tas sekolah yang lebih dari 10% dari berat anak, dapat menyebabkan sakit di bahu, lengan, dan punggung bagian bawah mereka. Dalam jangka panjang, hal ini juga dapat mempengaruhi perkembangan otot anak dan kesehatan tulang punggungnya. Nah, penting banget kan Moms untuk memilih tas yang tepat untuk anak.

Berikut ini beberapa tips memilih tas sekolah anak:

Tips Memilih Tas Sekolah Anak

Tas Ransel Sekolah

Tas ransel menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk anak nih, Moms! Tas ransel dapat mendistribusikan berat badan pada kedua bahu anak secara merata sehingga anak akan lebih nyaman memakai tas ransel.

Kapasitas tas ransel yang cukup luas membuat berbagai perlengkapan sekolah bisa dengan mudah dibawa anak. 

Tas Ransel Sekolah
baca juga

Pilih Tas Ransel dengan Tali Bahu yang Empuk

Moms, pastikan kalau membeli tas ransel untuk anak pilih tas yang memiliki tali bahu dengan lapisan empuk seperti bantalan busa. Selain itu, jangan memilih tali bahu yang terlalu kecil. Tali bahu dengan besar ideal akan membantu mengurangi beban anak pada bagian bahu dan leher.

Perlu diingat juga Moms, jangan memilih bahan tas yang terlalu tebal karena akan menambah beban anak Anda. Tapi jangan juga memilih bahan yang terlalu tipis karena bahan yang tipis tidak bisa mengatur beban secara merata.

Pilih Tas Ransel dengan Tali Bahu yang Empuk

Tas Ransel dengan Ukuran yang Tepat Sesuai Usia

Ukuran tas sekolah yang baik adalah 75% dari punggung anak, artinya dari bahu hingga pinggang. Jika ukuran tas sekolah anak sudah pas, coba angkat apakah tas sekolah tersebut berat atau tidak. Apabila dalam keadaan kosong saja tas sekolah tersebut sudah berat, apalagi jika diisi. Berat tas sekolah anak yang ideal adalah 10% dari berat badan anak.

Jadi, misalkan anak Moms memiliki berat badan 30 kg, maka berat tas sekolah anak Anda paling ideal 3 kg, atau maksimal 4,5 kg. Tas sekolah yang terlalu berat bagi anak dapat terlihat langsung jika si anak harus sampai membungkuk untuk membawa tas sekolah mereka. Kalau ia memang harus membawa seluruh buku tersebut, anjurkan si anak untuk membawa 1-2 buku yang paling tebal di tangan mereka.

Tas Ransel dengan Ukuran yang Tepat Sesuai Usia
baca juga

Cara Tepat Memakai Tas Ransel

Pemakaian tas yang benar oleh anak sangat penting dalam menjaga perkembangan tubuh anak, Moms. Pastikan anak memakai tas dengan benar, yaitu dengan menyelempangkan kedua tali pada bahu. Jika mereka hanya menyelempangkan satu tali, seperti yang kebanyakan anak saat ini lakukan, akan membuat beban yang ditanggungg hanya pada satu bagian saja. Tali ransel juga sebaiknya disesuaikan dengan tubuh anak, setidaknya 5 cm dari atas pinggang sehingga ketika dipakai, anak akan merasa nyaman.

Selain itu, para pakar juga menyarankan untuk berlutut terlebih dahulu saat akan mengangkat tas punggung. Kurangi atau susun ulang muatan jika tas punggung dirasa terlalu berat. Saat menyusun muatan, tempatkan barang yang lebih berat pada bagian bawah tengah tas punggung. Dan pastikan hanya membawa barang yang dibutuhkan untuk hari itu saja setiap harinya.

Cara Tepat Memakai Tas Ransel