Penyebab Haid Tidak Lancar

Suntik KB 3 bulan merupakan salah satu jenis alat KB yang hanya mengandung hormon progesteron. Sama seperti preparat progesteron lainnya, salah satu efek samping yang paling sering dialami jika seseorang melakukan KB adalah gangguan menstruasi, Moms. Dapat berupa pemanjangan ataupun pemendekan siklus menstruasi, perdarahan yang banyak atau sedikit, perdarahan tidak teratur, perdarahan bercak/spotting, bahkan tidak menstruasi sama sekali.

Cara Melancarkan Haid Setelah KB Suntik 3 Bulan

Setelah tak haid selama tiga bulan, darah-darah kotor sudah melekat pada rahim dan mengental. Nggak jarang, ketika Moms sudah tak lagi KB suntik, darah haid tidak juga keluar. Nah menurut dokter, hal ini masih dalam tahap yang wajar Moms. Tapi, Moms juga bisa kok melancarkan haid setelah KB Suntik 3 bulan. Gimana caranya? Yuk simak!

baca juga

1. Olahraga Teratur

Kalau Moms rajin melakukan olahraga, pasti begitu banyak manfaat yang Moms dapatkan deh. Embuat tubuh Moms menjadi bugar dan sehat, ternyata olahraga yang teratur dapat melancarkan haid lho. Moms bisa melakukan  fitnes dalam periode sedang. Maksudnya, Moms bisa fitness seminggu 3 kali dengan latihan kardiovaskular, pilates, tari, yoga, atau stretching. Kenapa harus tiga kali? Dengan melakukannya lebih dari tiga kali seminggu membuat tubuh lebih sehat dan siklus menstruasi teratur.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Tahu nggak Moms, gaya hidup tidak sehat, merokok, minum alkohol, olahraga yang berlebihan, dan konsumsi obat-obatan menyebabkan menstruasi tidak teratur lho. Untuk itu Moms perlu mengonsumsi makanan bernutrisi untuk membantu memperancar haid Moms. makanan bernutrisi yang perlu Moms makan adalah brokoli, salmo, sayuran hijau, ikan, telur, dan yoghurt.

baca juga

3. Mengelola Stres

Stres dan lamanya datang bulan ternyata saling berkaitan. Tahu nggak Moms, menstruasi yang terlambat atau tidak teratur bisa saja disebabkan oleh stres. Mungkin Moms tidak menyadarinya, tapi stres mengacaukan hormon-hormon di seluruh tubuh, termasuk hormon sinyal menstruasi yaitu estrogen.  Nah, untuk melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan, Moms bisa mmengola stres Moms ya. Caranya cukup selesaikan apa saja yang menjadi beban Moms dan relaksasi sejenak. Kedua hal ini sangat ampuh untuk menghilangkan stres.

4. Mempertahankan Berat Badan Normal

Moms, menjaga berat badan setelah suntik KB 3 bulan itu tergolong susah ya? Kebanyakan ibu-ibu merasa tubuhnya lebih berat setelah menjalani program KB tersebut. Nah, inilah penyebab kenapa setelah KB suntik, Moms nggak kunjung haid juga. Untuk itu, Moms harus menjaga tubuh ideal Moms agar sirkulasi haid lancar ya. Ini penting lho!

Istirahat Cukup

Terakhir adalah, istirahat yang cukup. Percaya nggak percaya, istirahat yang cukup juga sangat mempengaruhi sikulasi menstruasi seorang wanita lho. Inilah kenapa seluruh dokter menyarankan untuk istirahat yang cukup. Dengan beristirahat, seluruh organ tubuh dapat bekerja maksimal tanpa diganggu oleh aktivitas Moms lainnya.

Itulah beberapa hal mengenai cara untuk melencarkan haid setelah KB Suntik 3 bulan, semoga setelah mengikuti step by step, Moms bisa lekas haid teratur ya. Selamat mencoba!