Pekan Imunisasi Dunia Adalah


Pekan Imunisasi Dunia menjadi salah satu pekan penting yang berfokus pada tindakan kolektif dan menyadari perlunya setiap orang terjamin dari penyakit. Melalui pekan ini, diharapkan setiap orang terlindungi dari penyakit yang bisa dicegah melalui vaksinasi. 

Nah, oleh karenanya organisasi kesehatan dunia atau sering disebut WHO menetapkan pekan terakhir di bulan April, yaitu 24 hingga 30 April setiap tahunnya untuk secara luas mengajak masyarakat melakukan vaksin.

Pekan Imunisasi Dunia Adalah
source: https://www.consumerreports.org/


 

World Immunization Week 2019


World Immunization Week atau Pekan Imunisasi Dunia diselenggarakan setiap tahunnya apada minggu terakhir bulan April dan diperingati oleh seluruh negara. Setiap tahunnya, acara ini diselenggarakan dengan beragam tema, seperti Protected Together maupun #VaccinesWork.

Tujuan utamanya mendorong peran serta aktif seluruh pihak dan lapisan masyarakat untuk melakukan vaksin dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

World Immunization Week 2019
source: http://www.vaccinationcouncil.org/


 

baca juga

Pekan Imunisasi Dunia 2019


Indonesia memiliki imunisasi dasar lengkap yang diperuntukkan bagi anak-anak. Pemberian vaksin tersebut, mencakup delapan vaksin, antara lain difteri, polio, tetanus, campak, tuberculosis, BCG, pneumonia, hepatitis B, dan meningitis.

Nah, pada tahun ini, akan dilakukan penambahan pemberian vaksin sebanyak 13 vaksin, lho Moms. Vaksin tambahan yang dimaksud adalah vaksin rubella, pneumococcus, injectable polio, rotavirus, dan japanese encephalitis.

Pekan Imunisasi Dunia 2019
source: https://www.thehealthsite.com/


 

Pekan Imunisasi Nasional Adalah


Pekan Imunisasi Nasional atau biasa disingkat PIN merupakan pekan untuk setiap balita maupun bayi yang ada di Indonesia untuk diimunisasi dengan vaksin polio. Pemberian vaksin polio dilakukan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya, dan dilakukan dua kali masing-masing dua tetes dengan selang waktu satu bulan. Hal ini dilakukan dengan tujuan memutuskan dengan cepat siklus virus polio yang liar dan berbahaya bagi kesehatan diri dan lingkungan.

Pekan Imunisasi Nasional Adalah
source: http://kompasiana.com


 

baca juga

Jadwal Imunisasi IDAI


Ikatan Dokter Anak Indonesia, mengeluarkan jadwal imunisasi yang nantinya memberikan pegangan dan mempermudah Moms dalam pelaksanaan imunisasi.

Jadwal Imunisasi IDAI
source: https://www.prosehat.com/

Pada kolom hijau merupakan jadwal pemberian imunisasi optimal sesuai dengan usia. Sedangkan kolom kuning untuk melengkapi imunisasi yang belum lengkap. Sementara itu, kolom biru adalah imunisasi dengan status penguat atau booster. Dan untuk kolom merah muda, imunisasi diperuntukkan atau direkomendasikan bagi daerah-daerah endemis.