White noise adalah bunyi yang dapat menghentikan tangisan bayi serta membuatnya cepat tertidur. Lebih detail soal white noise, yuk simak ulasan berikut!

Apa itu white noise?

White noise merupakan gabungan dari beragam jenis frekuensi dalam jangkauan pendengaran manusia. Oleh karena itu white noise dapat menyamarkan suara yang mengganggu ketenangan tidur bayi seperti suara orang dewasa, suara bising, dan suara aktivitas lainnya.

Mengenal White Noise, Cara Membuat Anak Bayi Tidur dengan Suara 'Bising'
source: https://amotherfarfromhome.com

Mengapa white noise baik untuk bayi cepat tidur?

Dari hasil penelitian yang ditulis dalam Archives of Disease in Childhood, terdapat 80% bayi yang berhasil tertidur pulas saat mendengarkan white noise. Di jurnal tersebut disebutkan bahwa ketika bayi dalam rahim, ia dikelilingi oleh air ketuban yang membuat dirinya mendengar suara seperti orang sedang berbisik. White noise punya prinsip yang serupa, yaitu dengan memberikan rasa tenang serta mengalihkan kebisingan yang ada di lingkungan sekitar.

Mengenal White Noise, Cara Membuat Anak Bayi Tidur dengan Suara 'Bising'
source: https://babysleepproject.com

Jenis-jenis white noise

Jika dalam kehidupan sehari-hari, white noise bisa berupa suara air terjun yaang jatuh dari ketinggian yang berbeda. Bisa juga suara rintik air hujan gerimis yang membuat hati orang dewasa tenang, apalagi bayi? Selain suara air terjun dan hujan, white noise juga bisa diibaratkan dengan suara debur ombak di pantai.

baca juga
Mengenal White Noise, Cara Membuat Anak Bayi Tidur dengan Suara 'Bising'
source: https://mumsgrapevine.com.au

Cara membuat white noise agar bayi cepat tidur

Cara paling mudah untuk membuat white noise adalah dengan melakukan shushing, atau mengeluarkan suara mendesis seperti orang berbisik sambil mengayun si kecil dengan lembut. Cara ini pertama kali dianjurkan oleh Dr Harvey Karp, dokter spesialis anak asal Amerika.

Cara kedua adalah dengan menyalakan kipas angin. Usai kipas angin nyala beri jarak setidaknya 2 meter dari telinga agar suaranya terdengar lebih lembut. Kemudian gendong bayi sambil diayun secara perlahan, atau letakkan bayi pada tempat tidur yang bisa diayun agar ia semakin mudah terlelap.

Cara paling modern adalah mendengarkan white noise melalui aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Namun, sebaiknya moms hanya menggunakan aplikasi ini saat ingin menidurkan bayi yah!