Di jaman now ini cara memperoleh pinjaman itu nggak melulu harus dari bank, karena sudah banyak layanan pinjaman online yang aman dan dapat dipercaya. Layanan tersebut menawarkan pinjaman uang tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Seperti apa sih layanan fintech ini?

Pinjaman uang jangka pendek

Beberapa fintech yang menyediakan jasa pinjaman online jangka pendek adalah Kreditcepat, KreditPintar, Cashwagon, dan UangTeman. Semua fintech ini hanya membutuhkan pendaftaran secara online melalui smartphone, setelah pendaftaran selesai biasanya moms akan dihubungi oleh pihak kreditur untuk verifikasi. Rata-rata jumlah pinjaman yang diberikan berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp8 juta.

Rata-rata jangka waktu pinjaman yang ditawarkan oleh platorm tersebut antara 10 hari hingga 30 hari, akan tetapi ada juga yang memberikan durasi pinjaman hingga 3 bulan. KreditPintar salah satunya, tenor pinjaman antara 14 hari hingga 3 bulan dengan bunga kompetitif 0,5% dan waktu pencairan super kilat.

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan? Ketahui Syarat dan Tips Amannya Dulu, Moms
source: https://www.sheknows.com

Pinjaman uang jangka panjang

Moms harus tahu kalau untuk mendapatkan pinjaman jangka panjang tanpa jaminan bukanlah hal yang mudah. Umumnya platform pinjaman online ini hanya menawarkan pinjaman dalam jumlah kecil, biasanya maksimal nominal yang diberikan Rp8 juta.

Namun ada juga fintech yang bisa memberikan dana besar hingga Rp20 juta, ia adalah Tunaiku. Melalui Tunaiku, moms bisa mendapatkan pinjaman dengan masa pencairan 3 hari saja dengan proses verifikasi hanya 24 jam saja. Tenor pinjaman juga cukup lama, antara 6 hingga 20 bulan dengan perhitungan bunga 3% per bulan. Untuk mendapatkan pinjaman dari Tunaiku setidaknya mom harus punya gaji rata-rata Rp2 juta.

Selain Tunaiku moms juga bisa mengajukan pinjaman online jangka panjang melalui Kredivo. Kredivo adalah kartu kredit digital yang bisa digunakan untuk transaksi online di berbagai merchant seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Tiket.com, JD.id, Blibli, dan 200+ merchant lain.

Dengan Kredivo, moms bisa mendapatkan pencairan limit hingga Rp30 juta hanya dalam waktu 5 menit. Kalau moms melakukan pelunasan dalam 30 hari setelah pencairan maka nggak akan dikenakan bunga. Tapi kalau memutuskan untuk melunasi dalam kurun waktu 2 hingga 12 bulan maka dikenakan bunga per bulannya 2,95%. Pendaftaran Kredivo bisa dilakukan dengan mudah dan cepat lewat aplikasi smartphone, ia juga memiliki sistem dengan tingkat keamanan setara bank.

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan? Ketahui Syarat dan Tips Amannya Dulu, Moms
source: https://fm.cnbc.com

Syarat pinjaman uang tanpa jaminan

Meskipun dasarnya pinjaman online ini nggak perlu jaminan tapi tetap ada syarat-syarat yang harus moms penuhi saat mengajukan pinjaman. Syarat pokok yang diperlukan seperti dokumen kependudukan yang valid seperti KTP, KK (kartu Keluarga), SIM, dan NPWP. Moms juga harus menyertakan slip gaji, dan fotocopy rekening 3 bulan terakhir. Usia minimum untuk bisa memperoleh pinjaman ini adalah 21 tahun atau sudah menikah.

baca juga
Pinjaman Uang Tanpa Jaminan? Ketahui Syarat dan Tips Amannya Dulu, Moms
source: https://cdn.centsai.com

Tips aman mengambil pinjaman uang tanpa jaminan

Pilih aplikasi pinjaman online resmi, moms haru melihat fintech mana yang sudah terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sebab fintech yang terdaftar dalam OJK ini memiliki aturan dan tata cara yang nggak jauh berbeda dari bank.

Bunga rendah, carilah fintech yang menawarkan bunga paling rendah. Bagaimanapun bunga rendah pasti lebih untung kan?

Catat tanggal jatuh tempo, saat pinjaman moms disetujui dan dana cair maka catatlah tanggal jatuh temponya supaya nggak lupa kapan hutang tersebut harus dilunasi.

Tips terakhir adalah sebaiknya moms membayar hutang sebelum waktu jatuh tempo untuk menghindari pembengkakan bunga dan ditagih terus-menerus oleh pihak kreditor.