Apa Itu Atresia Ani?

Tahu enggak Moms, salah satu faktor penyebab kematian bayi baru lahir adalah kelainan bawaan yang sudah dideritanya sejak dalam kandungan. Nah, salah satu kelainan bawaan atau kongenital itu adalah Atresia Ani atau bayi tanpa lubang anus atau anus tidak terbentuk dengan sempurna.

Tidak sempurnanya bentuk anus ini dapat berupa anus cekung ke dalam dan anus tidak terhubung langsung dengan rektum (ujung saluran pencernaan) sehingga kotoran atau feses tidak dapat keluar. 
 

Apa Itu Atresia Ani?
source: http://newparent.com/baby/steps-to-changing-a-diaper


Menurut pengamatan selama ini, ternyata setiap 5000 kelahiran di dunia, ada 1 bayi yang mengalami Atresia ani, dan secara umum kondisi yang disebut juga dengan anus imperforata atau malformasi anorektal ini lebih banyak dialami oleh anak laki-laki daripada anak perempuan. 


 

baca juga

Klasifikasi Atresia Ani


Kondisi tidak terbentuknya anus dengan sempurna ini diklasifikasikan dalam 4 kondisi yaitu: 

1) Anal stenosis adalah terjadinya penyempitan daerah anus sehingga feses tidak dapat keluar.

2) Membranosus atresia adalah terdapat membran atau selaput pada anus.

3) Anal agenesis adalah memiliki anus tetapi ada daging diantara rektum dengan anus.

4. Rectal atresia adalah tidak memiliki rektum atau saluran pencernaan yang menghubungkan usus dengan anus sehingga feses tidak bisa dikeluarkan. 
 

Klasifikasi Atresia Ani
source: http://www.webmd.com/parenting/treat-diaper-rash-16/slideshow-diapering


 

Penyebab Atresia Ani

Sebenarnya sampai sekarang belum diketahui penyebab Atresia ani secara pasti. Namun, beberapa ahli menyebutkan bahwa Atresia ani disebabkan karena: 

1) Putusnya saluran pencernaan dari atas (di antaranya meliputi usus halus, usus besar, kolon, rektum) dengan anus, sehingga bayi lahir tanpa lubang anus.

2) Bayi mengalami gangguan tumbuh-kembang sejak dalam kandungan. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, maka ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi banyak asam folat yang bersumber dari sayur dan buah sehingga pertumbuhan janin menjadi sempurna.

3. Atresia ani juga disebut-sebut berkaitan dengan sindrom down yang diderita oleh anak sejak lahir. 

Penyebab Atresia Ani
source: http://id.pinterest.com