Anak bayi nangis sebagai bentuk cara komunikasi dia, walaupun terkadang moms suka kebingungan dan kerepotan menangani anak bayi yang menangis. Hal tersebut terjadi karena moms mungkin belum tahu jenis-jenis tangisan anak bayi. Setiap tangisan anak bayi bisa saja mengandung arti bahwa dia sedang kelelahan, lapar, atau sakit. Lalu bagaimana cara membedakan tangisan bayi yang sedang kelelahan, lapar, dan sakit? Berikut, moms, penjelasannya.

Anak Bayi Nangis Karena Lapar

Moms harus kenali anak bayi yang menangis karena lapar lewat suara tangisannya yang pendek alias durasi tangisannya singkat, nada tangisnya pun terdengar rendah. Moms harus segera beri bayi susu, ya agar tangisan bayi tidak makin keras. Jika anak bayi masih juga menangis setelah diberi ASI, moms bisa beri dia ASI lagi, hal itu menandakan bayi belum sepenuhnya kenyang.
Moms juga bisa mengenali gejala bayi yang akan menangis karena lapar. Biasanya sebelum menangis, mulut anak bayi akan terbuka seperti ingin diberi asupan, serta bayi akan meronta seperti mencari payudara moms untuk meminta diberi ASI.  

Anak Bayi Nangis Karena Lapar
baca juga

Anak Bayi Nangis Karena Lelah

Memang anak bayi belum memiliki banyak aktivitas yang membuatnya lelah, tapi tidak menutup kemungkinan bayi juga merasa kelelahan, apalagi saat moms mengajaknya jalan-jalan keluar atau mengajaknya ikut ke acara keluarga yang mengharuskannya bertemu banyak orang. Tangisan bayi akan terdengar seperti rengekkan yang agak melengking.

Kalau anak bayi sudah menangis karena merasa lelah, moms bisa langsung bawa bayi ke tempat yang lebih sepi dan buat suasana merasa nyaman serta sejuk. Putarkan alunan musik yang menenangkan sambil menimang-nimangnya pelan.

Anak Bayi Nangis Karena Lelah

Anak Bayi Nangis Karena Sakit

Ketika anak bayi sedang sakit, jenis tangisannya berbeda dari ketika sedang lapar atau lelah. Ditambah tangisan anak bayi karena sakit membuat orangtua kerepotan untuk menenangkannya. Dalam keadaan seperti ini menandakan bayi sedang tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Sambil menangis, anak bayi akan mengepalkan tangannya, menendang-nendang kaki ke udara, dan wajah terlihat merah. Jenis tangisan ini pun juga akan lebih susah ditenangkan. Selain mengecek kondisi tubuh bayi, moms juga harus segera membawa bayi ke dokter, ya.

Anak Bayi Nangis Karena Sakit