Selangkangan Gatal Saat Hamil

Selangkangan gatal pada saat hamil merupakan hal yang biasa terjadi. Perubahan bentuk tubuh dan kebersihan pada bagian tubuh tersebut menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya masalah gatal pada selangkangan. Jika Moms mengalami masalah tersebut, jangan digaruk ya! Karena jika gatal dan Moms menggaruknya, area yang mengalami rasa gatal akan semakin bertambah dan bisa menyebabkan timbulnya luka.

Selangkangan Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://cdn1.medicalnewstoday.com/content/images/articles/322/322210/pregnant-woman-holding-her-groin-worrying-about-infections-in-pregnancy.jpg

Penyebab Selangkangan Gatal Saat Hamil

Infeksi Jamur


Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab utama masalah gatal pada selangkangan. Daerah selangkangan umumnya lembab dan hangat. Jamur dapat berkembang dengan cepat pada daerah dengan karakteristik tersebut. Umumnya jamur tidak berbahaya, namun jika sudah berkembang biak dengan cepat akan menyebabkan infeksi. Infeksi tersebut lah yang akan menyebabkan timbulnya rasa gatal pada selangkangan.

Selangkangan Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://cdn.firstcrycdn.com/2018/05/519005677-H.jpg
baca juga

Keputihan Berlebih

Keputihan merupakan hal yang kerap terjadi pada setiap wanita, terlebih lagi pada Moms yang sedang hamil. Keadaan tersebut merupakan keadaan yang normal terjadi. Keputihan saat hamil disebabkan oleh peningkatan kadar hormon estrogen dan aliran darah ke vagina. Namun, pada kondisi tertentu keputihan dapat menyebabkan infeksi dan timbulnya rasa gatal pada vagina dan bagian selangkangan. Jika hal tersebut terjadi, segera konsultasikan diri ke dokter.

Selangkangan Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://cdn.firstcrycdn.com/2017/09/327624125-H.jpg

Iritasi

Sering terjadinya gesekan pada paha akibat perubahan ukuran paha pada saat hamil dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit dan menimbulkan rasa gatal pada daerah paha dan selangkangan. Iritasi pada kulit pada kondisi ini harus segera diobati, karena jika tidak, luka bisa semakin menyebar karena rasa gatal tersebut tidak hilang. 

Selangkangan Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://cdn.firstcrycdn.com/2018/03/782887594-H.jpg
baca juga

Cara Mengatasi Selangkangan Gatal Saat Hamil

Menjaga kebersihan pada bagian selangkangan merupakan cara yang paling penting untuk mengatasi gatal pada selangkangan. Area selangkangan dan vagina harus dijaga agar tetap kering dan bersih. Jika gatal, jangan garuk bagian yang gatal karena jamur dapat menyebar dengan lebih cepat ke area yang lain. Selain itu hindari memakai pakaian dalam yang ketat dan berbahan tidak menyerap keringat, karena hal tersebut dapat menyebabkan area selangkangan menjadi lembab dan kurang oksigen. Untuk Moms yang sedang hamil, konsulitasi terlebih dahulu ke dokter untuk penggunaan obat.

Demikian penyebab gatal pada selangkangan saat hamil dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya Moms!