Hamil adalah momen tak terlupakan yang meninggalkan kesan mendalam bagi setiap wanita yang mengalami. Tapi tak melulu kenangan manis, kehamilan juga dapat menimbulkan beberapa perubahan pada tubuh ibu, seperti berat badan yang bertambah dan menghitamnya beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian tubuh yang menghitam ketika masa kehamilan adalah kulit ketiak. Meskipun hal ini wajar dialami oleh setiap ibu hamil, namun menghitamnya ketiak kerap kali membuat ibu hamil tidak percaya diri dan terlihat jorok.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab menghitamnya kulit ketiak pada masa kehamilan ini? Adakah cara mengatasinya?

Ketiak Menghitam Selama Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms

Penyebab Ketiak Hitam Saat Hamil

Permasalahan ketiak menghitam saat hamil dialami oleh lebih dari 90% wanita. Hal ini normal terjadi karena pada masa kehamilan akan muncul peningkatan kadar hormon yang banyak mempengaruhi penampilan ibu hamil. Peningkatan kadar hormon menyebabkan percepatan pembentukan warna kulit, akibatnya akan muncul area-area yang berwarna gelap atau mengalami hiperpigmentasi seperti terjadi pada ketiak.

Hiperpigmentasi dipicu oleh hormon MSH (Melanocyte Stimulating Hormone) yang memacu melanogenesis atau pembentukan pigmen kulit, sehingga muncullah pigmentasi berlebih atau cloasma gravidarum. Meskipun umum dialami oleh kebanyakan ibu hamil, namun hiperpigmentasi ini tidak muncul dengan kadar yang sama. Sebagian ibu hamil mengalami hiperpigmentasi parah yang sangat terlihat, sebagian lagi lebih samar.

Penyebab Ketiak Hitam Saat Hamil
baca juga

Cara Mengatasi Ketiak Hitam Saat Hamil

Meskipun ketiak menghitam sangat mengganggu penampilan, namun ibu hamil tidak bisa sembarangan dalam mengatasi masalah ini. Krim pemutih pada umumnya memiliki beberapa kandungan yang dapat membahayakan janin yang dikandung ibu.

Untuk meminimalisir hiperpigmentasi pada ketiak, ibu hamil dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti menghentikan dulu penggunaan deodorant yang mengiritasi kulit, tidak menggaruk area ketiak, dan menghindari paparan sinar matahari berlebih. Atau moms juga dapat melakukan perawatan kulit ketiak untuk mengurangi masalah ini menggunakan bahan alami yang aman digunakan selama kehamilan.  

Cara Mengatasi Ketiak Hitam Saat Hamil

Lidah Buaya

Cara merawat ketiak yang menghitam dengan lidah buaya yaitu dengan mengoleskan gel yang diperoleh dari potongan daun lidah buaya pada bagian ketiak yang menghitam. Biarkan selama 1 jam sambil dipijat-pijat dengan lembut. Perawatan ini dapat dilakukan 2 kali sehari hingga warna hitam pada ketiak memudar.

Lidah Buaya
baca juga

Lemon

Perawatan dengan lemon dilakukan dengan cara memeras sari lemon, lalu mengoleskannya pada ketiak. Diamkan selama 1 jam sembari dipijat ringan. Namun, perawatan ketiak dengan lemon ini perlu diperhatikan ya moms, karena pada kulit yang sensitif lemon dapat menimbulkan gatal dan sensasi kulit terbakar, jadi pastikan kulit moms cocok dengan lemon.

Lemon

Sari Bunga Mawar

Jika moms kerepotan untuk mengambil sari dari bunga mawar, moms bisa menggunakan air mawar yang kini banyak dijual di pasaran. Caranya basahi kapas dengan air mawar, lalu kompreskan pada ketiak. Diamkan kapas sekitar satu jam atau hingga kapas mengering. 

Sari Bunga Mawar

Kunyit

Cara menggunakan kunyit yaitu dengan mengupas kunyit lalu memarutnya hingga halus. Setelah itu parutan kunyit dapat dibalurkan pada ketiak, diamkan sekitar 30 menit lalu scrub ketiak dengan gerakan memutar. Bilas dengan air bersih.

Kunyit

Kayu Manis

Moms yang ingin menggunakan kayu manis sebagai bahan perawatan ketiak, terlebih dahulu harus mencampurkan bubuk kayu manis dengan susu. Kemudian oleskan masker pada pada ketiak dan biarkan hingga mengering, lalu bilas.

Kayu Manis