Bakso aci adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka alias tepung aci, teksturnya kenyal karena terbuat dari tepung sagu. Biasanya menggunakan topping ceker ayam, tahu, batagor kering, dan pilus. Rasa bakso aci ini pedas, asam, dan gurih. Kini Moms sudah bisa menemukan bakso aci dimana saja, bahkan toko online pun sudah banyak yang menjual bakso aci ini dalam kemasan instan.

Jika Moms tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah sebagai kudapan saat bosan dengan masakan berat, Moms bisa mencoba membuatnya dengan menggunakan resep bakso aci berikut ini!

Bahan Membuat Bakso Aci

Siapkan 50 gram tepung sagu
50 gram tepung terigu serbaguna
1/2 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica
1 batang daun bawang, iris tipis
75 ml air hangat

Isian:
50 gram ayam cincang
1 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica

Kuah bakso aci:
1 sdt ebi, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
1 buah bawang bombai, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdm kaldu bubuk
5 lembar daun jeruk, iris tipis
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1000 ml air kaldu

Toping:
Tahu putih/cokelat
Batagor kering
Pilus/Sukro
Sambal
Jeruk Nipis

Cara Buat Bakso Aci:

Isian:
 
tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Tambahkan daging ayam cincang dan aduk rata. Beri kaldu bubuk dan merica lalu Cicipi rasa. Setelah itu masak sampai matang. Lalu Angkat. 

Bakso aci: campur semua bahan kering lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sampai mudah dibentuk. Lalu bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil, lalu pipihkan dan beri isian, kemudian bulatkan kembali. Lakukan sampai adonan habis. 

Rebus bakso aci pada air mendidih sampai mengapung. Bakso aci jangan langsung diangkat, diamkan sekitar 5 menit agar matang merata. 

Kuah Bakso Aci:
Tumis bawang bombay sampai wangi, lalu tambahkan ebi dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Masukkan air kaldu, daun bawang, dan daun jeruk, masak hingga mendidih. Tambahkan bubuk kaldu, garam, dan gula pasir, aduk rata, lalu cicipi rasa. 

Masukkan bakso aci, tahu, dan batagor kering, masak sampai matang sekitar 3 menit.Setelah sudah Moms bisa tambahkan dengan pilus, sambal, dan perasan jeruk nipis saat disajikan. Nikmati bakso aci selagi hangat. 

Bahan Membuat Bakso Aci