Kandungan Nutrisi pada Buah Kurma Muda


Kurma muda adalah kurma setengah matang yang umumnya berusia 120 hari. Teksturnya agak lunak dan rasanya tidak terlalu manis. Di negara asalnya, kurma muda dikenal dengan kurma Rutab.

Kurma muda memiliki kalori yang lebih sedikit dibanding dengan kurma tua (kurma Tamar). Dalam 100 gram kurma tua kering mengandung 283 kalori, sedangkan kurma muda kering hanya mengandung 142 kalori. Selain itu kurma muda juga mengandung air, serat dan protein lebih banyak dibanding kurma tua.

Manfaat Kurma Muda Kering untuk Ibu Hamil


Banyak yang percaya bahwa kurma muda kering dapat membantu program hamil pada pasangan suami istri. Saat ini pun telah banyak dijumpai di pasaran paketan kurma muda kering dan daun nafa putih atau kurma muda kering dan daun marmia untuk membantu kesuburan.

Ragam Manfaat Kurma Muda Kering, Baik Juga untuk Ibu Hamil
source: https://www.kurmasehat.com/

Cara mengonsumsinya, campurkan sebungkus kurma muda kering dengan daun nafa putih atau daun marmia lalu tumbuk halus dan diblender. Setelah halus, tuangkan satu sendok teh campuran tersebut ke dalam segelas air hangat, lalu minum beserta ampasnya. Moms bisa menambahkan madu sesuai selera.

Banyak pasangan yang mengklaim program hamilnya berhasil setelah mengonsumsi ramuan kurma madu kering secara rutin. Namun menurut medis, belum ada penelitian yang berhasil membuktikan manfaat kurma muda kering dengan presentase kehamilan, atau manfaat kurma muda kering untuk kista.

Ragam Manfaat Kurma Muda Kering, Baik Juga untuk Ibu Hamil
source: https://hellosehat.com/

Sebuah penelitian dari Jordan University of Science and Technology justru mengungkap pengaruh kurma untuk persalinan. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa wanita hamil yang rutin mengonsumsi kurma dalam trimester akhir kehamilan dilaporkan menjalani persalinan normal lebih lancar tanpa induksi buatan.

Meskipun demikian, kurma muda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, menstabilkan gula darah serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain memiliki serat yang tinggi, kurma juga mengandung sifat antioksidan dan antimutagenetik yang baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh.

Nah, jelas ya Moms bahwa kurma baik kurma muda maupun tua adalah makanan yang baik bagi ibu hamil. Namun jangan lupa untuk mengimbanginya dengan makanan sehat lain dan berolahraga ya!