Collagen merupakan sejenis protein yang berada di berbagai bagian tubuh manusia seperti di dalam pembuluh darah, otot, tulang, sistem pencernaan, serta kulit. Collagen memiliki fungsi untuk menguatkan struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dari zat beracun seperti zat pathogen. Manfaat adanya collagen lainnya ialah memberikan keelastisan, kelembaban, kelenturan, dan ketahanan pada kulit. Sehingga kehadiran collagen dapat membantu moms terhindar dari penuaan dini alias keriput di sekitar kulit tubuh.  
 
Kerutan di kulit, terlebih kulit wajah sering menjadi masalah, ya, moms. Hal tersebut membuat rasa percaya diri terkadang hilang. Segala perawatan untuk mengembalikan wajah agar terlihat awet muda sudah dilakukan, salah satunya dengan suntik collagen. Ya, suntik collagen sudah lama sekali menjadi salah satu perawatan untuk mengatasi masalah kecantikan.

Manfaat Suntik Collagen

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan melakukan suntik collagen garis-garis halus pada wajah akan tersamarkan. Hal tersebut karena produktivitas collagen yang terjadi alam di dalam tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Sehingga orang yang sudah lanjut usia mengalami keriput di wajahnya. Suntik collagen pun akan menjadi pengganti collagen yang berkurang di bagian dermis. Sementara itu manfaat yang didapatkan dari suntik collagen baru bisa dirasakan setelah 3 bulan atau bahkan 2 tahun lamanya.
 
Meski tergiur dengan manfaat yang dihasilkan dari suntik collagen, nyatanya suntik collagen juga bisa berbahaya bahkan memiliki efek samping. Karena sejatinya perawatan kulit juga harus disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit, moms. Collagen yang disuntikkan ke dalam tubuh bukanlah sebuah suplemen, melainkan injeksi yang digunakan sebagai filler pada lapisan superfisial atau bagian yang tidak terlalu dalam. Maka dari itu suntik collagen hanya berpengaruh pada keriput halus dan tidak terlalu dalam lekukkan keriputnya.

Manfaat Suntik Collagen
baca juga

Efek Samping Suntik Collagen

Bisa dikatakan, suntik collagen adalah salah satu jenis perawatan kulit yang aman, berbeda dengan perawatan atau injeksi lainnya seperti pemasangan implant, lemak, dan silicon. Tetapi tidak menutup kemungkinan suntik collagen memiliki efek samping seperti pembengkakkan dalam waktu 24 jam karena alergi terhadap cairan collagen. Jika menyuntikkan collagen tidak dengan anjuran atau dilakukan oleh tenaga professional, khawatir cairan collagen akan berdampak buruk terhadap ginjal. Jadi, perlu dengan saran dari dokter ya, moms.

Efek Samping Suntik Collagen