Kasus Bullying

Bullying merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan dengan sengaja terhadap orang atau sekelompok orang karena rasa tidak suka dan berniat untuk mengintimidasi kalangan tertentu. Bullying banyak terjadi di sekolah. Beragam alasan menjadi dasar seseorang atau sekelompok orang melakukan tindakan bullying. Di Indonesia, kasus ini sudah banyak terjadi dan perlu perhatian khusus dari pihak-pihak terkait.

Kasus Bullying Audrey, dari Dampak Buruk Hingga Mental Korban Pasca Penganiayaan
source: https://img1.thelist.com/img/gallery/signs-your-kid-might-be-a-bully/intro-1494704863.jpg

Bullying Berujung Kekerasan Fisik

Biasanya, bullying diawali dari rasa tidak suka suatu pihak kepada pihak lain karena berbagai macam alasan. Bullying dalam bentuk verbal bisa berupa penghinaan, membentak, berbicara dengan kata-kata kasar dan keras. Namun, tak jarang bullying yang bersifat verbal berujung pada kekerasan fisik seperti memukul, mendorong, dan sebagainya. Aktivitas ini sangat merugikan, baik korban maupun pelaku dan juga teman-teman yang menyaksikan kejadian bullying tersebut.

Kasus Bullying Audrey, dari Dampak Buruk Hingga Mental Korban Pasca Penganiayaan
source: https://www.eleytheriagora.gr/wp-content/uploads/2017/11/Bullying.jpg
baca juga

Penganiayaan Audrey

Kasus bullying yang baru saja terjadi dan sedang ramai diperbincangkan yaitu kasus bullying dan penganiayaan terhadap siswi SMP di Pontianak bernama Audrey. Pelaku bullying merupakan sekelompok siswi SMA. Audrey dianiaya secara fisik sampai harus dirawat di rumah sakit. Sampai saat ini kasus masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Motif dan kejadian masih dugaan karena korban sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit dan belum dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku. Kasus ini bahkan ramai diperbincangkan hingga muncul tagar #JusticeForAudrey untuk mendukung agar Audrey mendapatkan keadilan.

Kasus Bullying Audrey, dari Dampak Buruk Hingga Mental Korban Pasca Penganiayaan
source: https://img.okeinfo.net/content/2019/04/09/340/2041282/tagar-justice-for-audrey-jadi-trending-topic-dunia-ada-apa-O6yuBUlVSc.jpg

Dampak Buruk Bullying pada Korban

Dampak buruk dari aksi bullying ini dapat dirasakan oleh banyak pihak yang terkait, tidak hanya pada korban saja. Namun, memang yang akan paling banyak mengalami dampak buruk dari kasus ini adalah korban. Mereka akan mengalami keluhan fisik seperti sakit kepala, dan mengalami rasa sakit di bagian tubuh lain yang terkena serangan fisik. Selain keluhan fisik, mental korban bullying pun juga akan terganggu.

Kasus Bullying Audrey, dari Dampak Buruk Hingga Mental Korban Pasca Penganiayaan
source: https://i0.wp.com/momonthemap.com/wp-content/uploads/2015/10/iStock_000018393520_Small.jpg?fit=693%2C693&ssl=1
baca juga

Mental Korban Bullying

Selain masalah fisik, mental anak korban bullying pun akan mengalami gangguan. Jika sang anak mengalami trauma yang parah, bisa sampai tidak mau berbicara pada siapapun selama berbulan-bulan. Mereka bisa saja mengalami depresi, gelisah, trauma yang berkepanjangan, penurunan semangat belajar, tidak adanya rasa aman diamanapun mereka berada. Prestasi di sekolahnya pun akan menurun akibat dari gangguan mental yang mereka alami. 

Kasus Bullying Audrey, dari Dampak Buruk Hingga Mental Korban Pasca Penganiayaan
source: https://www.verywellfamily.com/thmb/8T7KwFYA2dsch2GsEZK9lXb0iXw=/768x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/iStock_93301035_MEDIUM-579beb823df78c32768dc9eb.jpg

Pemulihan Pasca Bullying

Lingkungan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan anak korban bullying pulih dari rasa sakit yang di deritanya. Jika terjadi salah perlakukan yang dilakukan oleh orang di sekitar mereka, bisa jadi trauma pada korban akan semakin parah. Terdapat beberapa cara untuk membantu pemulihan terhadap korban bullying. Cara tersebut diantaranya memberikan mereka tanggung jawab, mengajak komunikasi secara intensif, ajak bergabung dalam kelompok-kelompok belajar di sekolah, selalu berikan pujian untuk menumbuhkan kembali rasa percaya dirinya.

Kasus Bullying Audrey, dari Dampak Buruk Hingga Mental Korban Pasca Penganiayaan
source: http://i.huffpost.com/gen/1706920/thumbs/o-DAD-TALKING-TO-KID-facebook.jpg

Demikian informasi mengenai kasus bullying pada anak. Semoga bermanfaat ya Moms!