Tips Mencegah Puting Lecet Saat Menyusui

  1. Saat Moms hendak membersihkan bagian puting, hindari penggunaan sabun di area puting karena dapat membuat kulit menjadi kering dan menyebabkan kelecetan.
  2. Tentunya puting harus memiliki sirkulasi udara yang baik, agar sirkulasi udara berjalan dengan baik, Moms bisa menggunakan bra untuk menyusui yang berbahan katun.
  3. Moms disarankan untuk mengganti bantalan payudara atau breast pad saat habis menyusui secara rutin.
  4. Setelah menyusui selesai, Moms bisa peras keluar sekitar dua sampai tiga tetes ASI yang akan digunakan untuk digosokkan ke kulit di sekitar puting. Moms harus menggosokkannya dengan lembut.
  5. Moms bisa mengkompres area sekitar puting dengan air dingin ketika kelecetan terjadi. 
Tips Mencegah Puting Lecet Saat Menyusui

Posisi Menyusui Yang Tepat

Saat Moms menyusui, posisi menyusui merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Posisi menyusui yang tepat mampu membantu membersihkan saluran ASI pada tubuh Moms, sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan. 

  1. Moms bisa memeluk si kecil dengan posisi berbaring. Si kecil harus ada di lengan Moms dan kepalanya berada di sudut lengan Moms, serta perut si kecil yang menghadap ke arah Moms.
  2. Ada kalanya Moms merasa pegal jika hanya menyusui di satu posisi saja dan jika Moms ingin mengganti posisi, Moms bisa menggunakan bantal pada pangkuan Moms sehingga posisi si kecil terangkat ke arah payudara Moms untuk menghindari sakit pada bagian punggung Moms.
  3. Moms bisa menggunakan satu tangan untuk menopang si kecil dan tangan yang lain untuk menggerakkan payudara Moms ke arah si kecil. Lalu si kecil akan menolehkan kepalanya ke arang puting Moms dan siap untuk menyusu.
Posisi Menyusui Yang Tepat
baca juga

Asi Sebagai Pelembab Alami

Moms bisa menggunakan ASI sebagai pelembab alami ketika puting Moms merasa sakit akibat menyusui. Keluarkan beberapa tetes ASI dan oleskan pada puting Moms. Hal ini telah terbukti memiliki efek penyembuhan yang luar biasa pada puting yang lecet. ASI memiliki kandungan antibakteri dan dapat mengatasi puting lecet, pecah-pecah, dan perih. Selain itu, ASI mengandung zat yang dapat membantu penyembuhan luka dan melawan infeksi.

Asi Sebagai Pelembab Alami