Proses alami inilah yang kemudian menghasilkan bahan makanan bernutrisi tinggi. Tidak heran jika madu selalu menjadi incaran karena terbukti memiliki banyak khasiat baik bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis madu yang perlu Mommy kenali dan cara-cara tepat untuk mengonsumsinya. Yuk, simak.
​​​​​​​
Ragam Madu

Ragam Madu dan Manfaatnya, Simak Cara Konsumsi Masing-Masing
source: https://www.stylecraze.com/
  1. Madu Monoflora yaitu madu yang berasal dari nektar satu jenis bunga saja. 
  2. Madu Poliflora yaitu madu yang dihasilkan dari nektar-nektar berbagai macam bunga 
  3. Madu Embun (honey Dew) yaitu madu yang diproduksi oleh lebah dari cairan mirip madu yang biasa ditemukan pada tumbuhan atau kelopak bunga.
  4. Madu Ekstraflora yaitu madu yang dihasilkan atau berasal dari nektar non flora atau yang berasal bukan dari bunga. 


Cara Mengkonsumsi Madu Asli
 

Ragam Madu dan Manfaatnya, Simak Cara Konsumsi Masing-Masing
source: https://www.healthline.com/


Belakangan ini, banyak orang mempromosikan cara mengkonsumsi madu asli dengan langsung memakan dari sarangnya. Memakan honeycomb, atau bagian dari sarang lebah dengan penampang berpola segienam, cukup terkenal karena dikatakan menjadi cara mengkonsumsi madu asli yang paling tepat. Apakah benar?

Nah, honeycomb ini sendiri cukup direkomendasikan karena membuktikan bahwa madu yang dikonsumsi benar-benar murni tanpa campuran apapun, bahkan madu masih sangat alami tanpa terkena sentuhan tangan. Tidak hanya itu, honeycomb juga mempunyai banyak kandungan nutrisi seperti sodium, potasium, serta protein dan lemak. Kandungan lemak tak jenuh dalam honeycomb berperan baik dalam meningkatkan kadar HDL .
 

baca juga


Madu Hitam
 

Ragam Madu dan Manfaatnya, Simak Cara Konsumsi Masing-Masing
source: http://blog.concrete.com.eg/


Di sisi lain, ada pula jenis madu yang cukup populer karena rasanya yang tidak manis, melainkan pahit. Madu hitam atau bitter black honey merupakan jenis madu yang terkenal dengan kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Sebuah penelitian mengatakan bahwa madu hitam memiliki kandungan nutrisi berupa saponin, asam fenolat, senyawa alkaloid, flavonoid, dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

Cara mengkonsumsi madu hitam sendiri dapat dilakukan dengan merebusnya terlebih dahulu untuk mengurangi rasa pahit dan kepekatan pada teksturnya. Namun, Mommy juga dapat mengonsumsinya secara langsung.
 


Cara Mengkonsumsi Madu Untuk Kesehatan
 
Ragam Madu dan Manfaatnya, Simak Cara Konsumsi Masing-Masing
source: https://organicdailypost.com/


Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, madu memang memiliki banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk mengobati penyakit jantung koroner. Nah, cara mengkonsumsi madu untuk mengobati jantung koroner dapat dilakukan dengan cara berikut :

  • Konsumsi 2 sdm madu secara langsung atau diencerkan terlebih dahulu dengan air 50 ml.
  • Madu dapat dicampur dengan ramuan herbal lain untuk meningkatkan khasiat.
  • Untuk memperoleh hasil maksimal, konsumsi madu 2-3 kali hari. Pagi sebelum sarapan, siang sebelum makan siang, dan malam menjelang tidur.
baca juga


Cara Mengkonsumsi Madu Diet
 

Ragam Madu dan Manfaatnya, Simak Cara Konsumsi Masing-Masing
source: http://whatwomanneeds.com/


Terakhir, selain untuk kesehatan, madu juga dapat dikonsumsi untuk diet, lho! Untuk mengkonsumsi madu diet, Mommy cukup meminum 1 sdm madu sebelum tidur. Selain itu, Mommy juga dapat melarutkannya pada segelas air hangat. Mudah, bukan? Namun, jangan lupa untuk iringi diet madu ini dengan menjaga pola makan dan olahraga yang teratur, ya!