Ciri-Ciri Fisik Wanita Hamil

Beberapa ciri orang hamil yang umumnya mudah diketahui seperti mual dan muntah-muntah atau lebih dikenal sebagai morning sickness, selain itu menjadi lebih sensitif terhadap bau-bauan, mudah lelah, terjadinya perubahan mood, sering buang air kecil, munculnya flek darah yang diikuti oleh kram perut, sakit punggung sampai dengan ngidam makanan atau minuman tertentu.

Sedangkan ciri fisiknya bisa ditandai dengan adanya perubahan pada payudara yang biasanya akan lebih besar dibandingkan sebelumnya yang disebabkan oleh meningkatnya hormon esterogen dan progesteron. Selain besar, payudara juga akan terasa lebih halus, puting membesar dan warnanya semakin gelap, Moms.  

Ketahui Ciri orang Hamil dari Raut Wajahnya, Apa Saja Tandanya?

Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

Selain dari perubahan fisik yang kian kentara, ciri orang hamil juga dapat diketahui dari tampang atau raut muka si calon ibu muda, Moms seperti timbulnya flek hitam atau topeng kehamilan, wajah kering, kusam atau berminyak, timbul banyak jerawat atau bahkan sebaliknya, Moms yang itu menjadi cerah dan berkilau.

Ketahui Ciri orang Hamil dari Raut Wajahnya, Apa Saja Tandanya?
baca juga

Flek Hitam di Wajah

Noda-noda seperti bercak hitam atau flek hitam di wajah pada ibu hamil disebut juga dengan ‘topeng kehamilan’ atau melasma, Moms. Melasma, atau flek hitam di wajah ini kerap muncul di sekitar dahi, pipi, hidung, di atas pipi hingga dagu.

Ciri orang hamil yang terlihat pada wajahnya ini memang muncul dengan warna lebih gelap dibandingkan kulit asli, Moms, oleh karenanya meski flek hitam ini tak berpengaruh pada janin atau tubuh orang hamil, namun tak dapat dipungkiri kalau dampak seperti ini memang membuat ibu hamil jadi kurang percaya diri pada kulit wajahnya. Tidak hanya pada wajah, melasma bisa juga terjadi pada leher dan lengan serta warnanya bukan hanya kehitaman, bisa juga kecokelatan, Moms.

Ketahui Ciri orang Hamil dari Raut Wajahnya, Apa Saja Tandanya?

Tak heran jika diberi nama topeng kehamilan, karena flek hitam ini kebanyakan bersifat simetris lokasi munculnya pada wajah, misalnya di pipi kanan dan kiri. Melasma ini biasanya dipicu oleh asanya riwat keluarga yang mengalami hal serupa, pengaruh hormonal yang berkaitan dengan perubahan-perubahan yang terjadi saat masa kehamilan, tingkat stres ibu hamil dan paparan sinar matahari.

Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat mengonsumsi vitamin E untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, bisa dengan memperbanyak makan sayur dan buah yang mengandung vitamin E, lengkapi kebutuhan asam folat yang selain baik untuk janin juga bisa mencegah hiperpigmentasi pada kulit dan yang terpenting nih, Moms lindungi kulit semasa kehamilan terutama wajah dari sinar ultraviolet matahari dengan penggunaan tabir surya minimal SPF 30 ya, Moms.

Gunakan juga bahan-abahan alami pada wajah yang aman digunakan saat hamil untuk mengatasi flek hitam tersebut seperti ginseng, perasan lemon, bawang putih, madu murni, dan putih telur.

Ketahui Ciri orang Hamil dari Raut Wajahnya, Apa Saja Tandanya?
baca juga

Muncul Banyak Jerawat di Wajah

Sebenarnya masalah kulit wajah yang paling ganggu satu ini bukan cuma terjadi sama orang hamil saja ya, Moms. Namun, jerawat pada ibu hamil memang wajar karena adanya peningkatan hormon saat hamil, Moms. Hormon yang bertanggungjawab atas jerawat yang ada pada kulit wajah ibu hamil ialah hormon androgen yang dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak atau sebum. Banyaknya minyak akan menyubat pori-pori wajah serta lebih mudah bercampur kotoran dan bakteri yang dapat memicu timbulnya jerawat. Kondisi wajah berjerawat yang merupakan salah satu ciri orang hamil ini memang lumrah dialami oleh 50-70% ibu hamil, Moms.

Untuk mengatasi jerawat, ibu hamil disarankan untuk memakai obat jerawat dengan kandungan zat yang tidak membahayakan janin, Moms seperti azelaic acid, benzoyl peroxide dan glycolic acid, sedangkan wajib menghindari jenis obat jerawat dengan isotretinoin, asam salisilat, tetrasiklin, dan retinoid. Selain obat jerawat yang sudah tersedia di pasaran, Moms yang sedang hamil juga dapat beralih ke obat jerawat alami nih antara lain dengan menggunakan soda kue, perasan lemon, madu dan minyak kelapa murni untuk dipakaikan ke bagian kulit wajah yang berjerawat.

Ketahui Ciri orang Hamil dari Raut Wajahnya, Apa Saja Tandanya?

Kulit Wajah Lebih Cerah dan Berkilau

Tak hanya berdampak negatif pada wajah seperti timbulnya flek hitam maupun jerawat, sebagian ibu hamil juga dapat merasakan efek positif sebagai ciri orang hamil lainnya yang terlihat pada wajah, yakni kulit wajah menjadi lebih cerah dan berkilau, Moms. Hal tersebut memang sesuai dengan kondisi hormonal setiap ibu hamil sih, Moms jadi sudah pasti berbeda-beda. 

Ketahui Ciri orang Hamil dari Raut Wajahnya, Apa Saja Tandanya?

Namun tampilan wajah yang tampak cerah dan berkilau yang biasanya terjadi pada awal kehamilan ini disebabkan oleh adanya peningkatan produksi darah pada tubuh sebesar 50% dibandingkan sebelum hamil, Moms. Dengan begitu, terjadi juga peningkatkan sirkulasi darah pada tubuh yang membuat wajah ibu hamil menjadi lebih cerah.

Terlepas dari efek alami bersifat negatif yang berpengaruh pada tampilan wajah, dalam rangka menyambut calon buah hati, seharusnya sih apapun kondisinya disyukuri saja dan yang terpenting jalani masa kehamilan dengan happy dan sehat ya, Moms.