Tips Mengolah Jengkol Agar Empuk dan Tidak Bau

1. Rendam dengan air es

Cara pertama merupakan cara yang paling praktis, yaitu jengkol direndam semalam dengan air es. Perendaman dengan air es juga bisa dicampur dengan air kapur sirih atau 2 sdm bubuk kopi murni. Jika dicampur dengan salah satu bahan tersebut, Moms perlu sesekali mengaduk air rendaman tersebut.

Dengan perendaman air semalaman ini, bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan bau jengkol. Selain itu, air yang menyerap ke jengkol bisa membuatnya lebih empuk.

2. Rebus dengan daun jeruk purut

Perendaman semalaman membutuhan waktu yang lama, sedangkan Mom perlu segera mengolah dan memasak jengkol. Nah, perebusan ini membuat jengkol lebih cepat empuk. Untuk menghilangkan baunya, Moms cukup menambahkan air rebusan dengan daun jeruk purut.

3. Rebus dengan daun salam

Tak jauh berbeda dengan perebusan jengkol bersama jeruk purut, merebus jengkol bersama dengan daun salam juga bisa membuat aroma jengkol berkurang dan hilang.

Tips merebus ini pun bisa dilakukan sampai dengan tiga kali mengganti air rebusan ya Moms. Tips perebusan yang lain, Moms juga bisa merebus jengkol dengan daun jambu biji dan dicampur dengan 1 sdm daun teh.

Resep Semur Jengkol Spesial

Jengkol bisa diolah dengan berbagai resep, bisa menjadi jengkol balado, jengkol goreng sambal bawang, jengkol rendang khas Padang, dan semur jengkol. Semur jengkol biasanya menjadi menu sarapan bersama dengan nasi uduk.

Agar sarapan bersama dengan nasi uduk lebih mengasyikkan, yuk kita simak resep semur jengkol spesial ini, Moms.

Bahan Utama:
500 gram jengkol, rebus sampai empuk dan pipihkan dengan digeprek

Bumbu:
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
6 buah kemiri
1 buah pala
5 butir cengkeh
Lada, gula jawa, garam, dan kecap manis SECUKUPNYA atau SESUAI SELERA

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, bawah merah, dan kemiri lalu tumis sampai keluar aroma harumnya.
2. Masukkan jengkol yang telah diolah sebelumnya. Tambahkan cengkeh, kecap manis, pala, dan air secukupnya.
3. Setelah, semua tercampur rata, segera masukkan gula jawa, lada, dan garam. Lakukan tes rasa, jika rasa kurang kuat, Moms bisa menambahkan garam atau penyedap rasa sampai rasanya pas.