Bulliying atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai perundungan adalah tindakan di mana satu atau sekelompok orang berusaha mengontrol orang lain dengan cara kekerasan. Terdapat 3 jenis bulliying, yaitu menyakiti dalam bentuk fisik seperti memukul, verbal seperti menghina, dan sosial seperti mengucilkan. Akhir-akhir ini media dihebohkan dengan kasus bulliying yang dialami oleh seorang siswi SMP di Pontianak bernama Audrey. Mirisnya, bocah SMP ini dibully dengan timdakan fisik yang dilakukan oleh 12 orang siswi SMA.

Kasus ini kemudian menjadi viral dan menarik perhatian media demi mendukung Audrey untuk mendapatkan keadilan. Hingga muncul sebuah petisi yang meminta para pelaku mendapatkan ganjaran yang setimpal. Petisi yang pada awalnya hanya menargetkan 500 ribu tanda tangan itu, kini bahkan telah mendapat lebih dari 3 juta tanda tangan dan menjadi trending di sosial media dengan tagar #JusticeForAudrey.

Tak hanya masyarakat biasa, para artispun ikut mem-blow up kasus ini dengan menandatangani petisi dan mengajak masyarakat yang belum tahu untuk ikut serta. Beberapa artis memberikan dukungan untuk Audrey lewat akun sosial media mereka, bahkan ada juga yang secara langsung mendatangi Audrey ke Pontianak. Beberapa artis yang menunjukkan dukungan untuk Audrey yaitu:

Dukung #JusticeForAudrey, Sederet Artis Ini Buka Suara Melawan Bullying dan Kekerasan Pada Anak

Ifan Seventeen

Tak hanya memberikan perhatian dalam bentuk postingan di medsos, Ifan secara langsung terbang ke Pontianak untuk menjenguk Audrey. Melalui unggahan foto dan video di instasory serta feeds instagramnya, Ifan membagikan moment pertemuan dengan Audrey. Gadis manis itu tampak masih terbaring di rumah sakit ditemani oleh ibu dan beberapa kerabatnya. Dalam caption postingannya, Ifan memberi tahu para followers bahwa ia sengaja tidak mensensor wajah Audrey karena permintaan Audrey, Audrey ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa ia kuat, jelas Ifan lebih lanjut.

Ifan Seventeen
baca juga

Anji

Musisi Anji juga vokal dalam menyuarakan kasus ini. Anji mengunggah pemikirannya melalui caption pada postingan di feeds akun instagramnya. Dalam unggahan tersebut Anji menyebutkan bahwa ia setuju dengan salah satu pendapat warganet di twitter bernama Ziana Fazura yang menyatakan bahwa jalan damai bukanlah solusi untuk masalah ini, melainkan para pelaku harus mendapat hukuman di penjara anak.

Anji

Stefan William

Dalam akun instagramnya, Stefan William mengunggah pendapatnya mengenai kasus bulliying, khususnya yang dialami oleh Audrey melaui instastory. Ia mengajak para pengikutnya untuk menghentikan perundungan karena menurutnya para pelaku bullying itu lemah dan tidak keren sama sekali.

Stefan William
baca juga

Jefri Nichol

Melalui unggahan di instasory akun instagramnya, Jefri menyuarakan perhatiannya terhadap kasus ini. Ia juga membagikan screenshot sebuah tread di twitter yang diretweet oleh Tantjana Saphira dan menandatangani petisi untuk kasus Audrey serta tak lupa membagikan link nya. Di twitter Jefri juga ikut mentwit ulang sebuah tread bertagar #JusticeForAudrey yang ditulis oleh S Yulianti.

Jefri Nichol

Iqbaal Ramadhan

Melaui postingan di feeds instagramnya, Iqbaal Ramadhan memberi dukungan dengan mengunggah video berisi foto Audrey dengan voice over suaranya yang membacakan puisi dukungan diiringi lagu XXXTentacion berjudul Change. Meskipun unggahan tersebut telah dihapus tapi dukungan dari Iqbal ini tentu sangat manis.

Iqbaal Ramadhan

Hotman Paris

Hotman Paris memberikan perhatian dan dukungan kasus Audrey melalui beberapa unggahan video di instagram. Pada beberapa video tersebut Hotman menegaskan bahwa ia akan ikut mengawal kasus ini dan memastikan keadilan untuk Audrey. Hotman juga mengunggah sebuah video di youtube yang menjabarkan tentang hukuman yang dapat diterima oleh para pelaku bulliying

youtube:Wt-Us31R5yg
source: https://youtu.be/Wt-Us31R5yg
HOTMAN PARIS OFFICIAL: Kasus Audrey (Pontianak) & Apakah "Pelaku Remaja" Dapat Diadili???