Pada umumnya bayi mulai belajar untuk merangkak pada usian 5-6 bulan, ditandai dengan menggerak-gerakkan bagian kepala, perut, dada, dan juga tangan. Perkembangan motorik anak akan terus meningkat seiring bertambahnya usia bayi. Asalkan Mom terus melatih, agar bayi merangkak aktif dan berusaha untuk menggerakan anggota tubuh seperti tengkurap dan mengangkat kepala.

Agar bayi semakin pintar untuk belajar merangkak, berikut ini ada beberapa tahapan dan cara membantunya agar bayi lincah dan semakin cepat untuk belajar merangkak hingga duduk dan berjalan. Simak ulasannya di bawah ini yuk, Mom? 



1. Tahapan Bayi Belajar Merangkak
 

  • Mengangkat Kepala

Sebelum pada tahap merangkak ajarkan bayi untuk menggerakkan otot-otot seperti leher dan kepala. pada usia 2-3 bulan, sesekali letakkan bayi kamu pada posisi tengkurap untuk melatih kekuatan leher dan juga kepalanya. 
 

  • Berguling 

Saat bayi sedang belajar untuk tengkurap dan menggerakan kaki serta tangannya, biasanya ia juga senang berguling dan tengkurap sembari megangkat kepalanya. Biarkan bayi mengeksplore gerakan yang ia suka, asalkan Mom tetap menjaga serta memperhatikan agar tidak terjadi cidera.
 

  • Bertumpu Pada Kedua Tangan

Saat belajar tengkurap, bayi akan mencoba mengangkat dan bertumpu pada kedua tangannya. Ini sangat baik untuk melatih kekuatan otot tangan, perut dan juga kepala bayi. Biasakan setiap hari letakkan bayi pada posisi terngkurap agar kekuatan otot tangannya semakin kuat dan terlatih dengan baik. 
 

source: https://www.bellybelly.com.au



 

2. Cara Membantu Bayi Merangkak 
 

  • Bermain dengan Posisi Tengkurap

Langkah pertama untuk membantu bayi merangkak adalah dengan cara membiarkan ia bermain dalam posisi tengkurap. Pada tahap ini bayi akan semakin terbiasa dan ia akan belajar sendiri untuk merangkak. 
 

  • Bebaskan Bayi Berkeliling dan Bergerak

Untuk membuat bayi merasa bebas bergerak, baiknya sediakan area bermain yang beralasakan matras khusus untuk bayi. Biarkan ia berguling, bergerak dan merangkak sebagai eksplorasi otot-otot motoriknya agar berkembang dengan baik. 
 

  • Ajak Bayi Bercanda

Untuk melatih daya respon bayi, ajak bayi berbicara setiap hari dengan cara mengajarkannya menggerakan anggota tubuh. Misalnya bertepuk tangan, menggerak-gerakkan kakinya agar dia dapat belajar merespon dengan baik. 
 

  • Gunakan Mainan Untuk Memancing Bayi Bergerak

Saat bayi sudah pandai terngkurap dan bertumpu di atas kedua tangannya, pancing ia menggunakan mainan atau makanan agar dia mau merangkak. Tapi ingat ya Mom, gunakan area bermain yang aman untuk si kecil seperti di kasur atau matras yang aman. 
 

source: https://blog.mylearningbabyguide.com